Tomat untuk Asam Urat

Tomat untuk Asam Urat – Asam urat merupakan senyawa turunan purin yang berasal dari protein. Pada dasarnya, asam urat bisa bekerja seperti antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan di lapisan pembuluh darah dalam tubuh. Namun saat kadar asam urat tinggi, seseorang bisa terkena penyakit asam urat.

Seseorang yang mengonsumsi terlalu banyak protein seperti telur, seafood, daging, jeroan dan keju maka ia sangat berisiko tinggi terserang asam urat. Nah jadi, bagi Anda yang memang saat ini menderita asam urat disarankan untuk melakukan diet purin.

Ganti menu makan Anda dengan makanan-makanan yang bisa menurunkan kadar purin dalam darah. Salah satu menu makanan yang bisa menurunkan kadar purin dalam darah adalah tomat. Kandungan vitamin C dalam tomat sangat bermanfaat untuk penderita asam urat.

Tomat untuk Asam Urat

Tomat untuk Asam Urat

Pada dasarnya tomat bisa dikategorikan sebagai jenis buah ataupun sayuran. Selain itu, tomat juga diperkaya sejumlah vitamin, terutama vitamin C. Zat lain seperti serat, fosfor, karbohidrat, kalium, zat besi dan protein juga bisa ditemukan dalam tomat.

Melihat banyaknya kandungan pada tomat diatas, maka tak heran bila tomat mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan terutama untuk menjaga kadar asam urat dalam darah. Ini dikarenakan tomat mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C salah satunya ialah meringankan penyakit asam urat. Adapun manfaat lain dari tomat untuk penyakit asam urat di antaranya:

  • Mencegah asam urat

Antioksidan dan vitamin yang ada dalam tomat bisa mencegah tingginya kadar asam urat dalam darah karena memang tomat mempunyai kadar purin yang rendah sehingga tidak akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

  • Meringankan peradangan sendi

Tomat memiliki zat antiinflamasi alami yang bisa mengatasi radang pada persendian. Mengonsumsi tomat secara teratur, pastinya akan sangat bermanfaat bila Anda mempunyai gejala asam urat seperti nyeri pada persendian.

  • Meluruhkan kristal asam urat

Penumpukan purin yang terlalu banyak bisa membentuk kristal tajam yang mengakibatkan persendian terasa sangat nyeri. Tomat sendiri ternyata mempunyai manfaat untuk meluruhkan kristal-kristal asam urat yang menumpuk di persendian dengan cara memberi asupan minyak sehingga risiko menumpuknya kristal asam urat dapat berkurang.

Nah itulah manfaat dari tomat untuk asam urat. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa memasak tomat terlebih dahulu karena saat dimasak jumlah alkanoid atau zat basa dalam tomat bisa dikurangi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu,com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp