Susu untuk Asam Urat Tinggi

Susu untuk Asam Urat Tinggi

Susu untuk Asam Urat Tinggi – Susu merupakan jenis minuman menyehatkan yang bisa dikonsumsi semua orang di segala usia. Banyak sekali jenis produk susu yang beredar dipasaran. Mulai dari susu dengan varian warna yang berbeda. Susu dari hewan atau susu dari olahan kedelai sampai varian susu dengan lemak rendah dan juga tinggi.

Susu untuk Asam Urat Tinggi

Bagi Anda yang saat ini menderita asam urat—salah satu penyakit yang kerap menyerang persendian, tentu sangat penting mengetahui jenis-jenis susu yang aman dikonsumsi. Karena itu, simak pembahasan mengenai jenis-jenis susu yang bagus dikonsumsi penderita asam urat berikut ini.

  • Susu Bubuk Berlaktosa

Susu bubuk yang ada dipasaran pada umumnya memiliki kandungan laktosa sebanyak 2 hingga 8 persen dari berat susu itu sendiri. Laktosa adalah bentuk disakarida dari karbohidrat.  Disakarida tersebut nantinya dipecah menjadi bentuk gula yang lebih sederhana yakni glukosa dan galaktosa ketika sudah berada di dalam tubuh.

Menurut studi mengenai susu yang bagus untuk penderita asam urat pada tahun 2012 mengungkap bahwa susu bubuk berlaktosa cukup aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Selama tubuh mereka bisa menghasilkan enzim laktase untuk memecah laktosa dari susu yang diminum.

  • Susu Skim

Susu skim (susu rendah lemak) merupakan produk olahan susu yang terkenal. Terlebih dikalangan orang-orang yang sedang menjalani program diet. Masih dalam studi yang sama pada tahun 2012, studi tersebut juga membuktikan bahwa susu rendah lemak atau susu skim aman bagi penderita asam urat. Dikatakan aman karena susu skim mengandung lemak yang tidak lebih dari 1% jadi sangat aman dikonsumsi Anda yang saat ini mempunyai asam urat dan obesitas secara bersamaan.

  • Enriched Skim Powder Milk

Susu untuk penderita asam urat tinggi selanjutnya adalah jenis susu rendah lemak yang telah diperkaya nutrisi lain. Produsen atau peneliti biasanya akan memformulasikannya dengan ekstra kalsium dan juga nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Bahkan menurut studi, mengonsumsi 3 sampai 4 gelas susu skim yang kaya kalsium dan nutrisi bisa mengurangi kadar asam urat hingga 40 persen.

Tidak semua jenis susu bagus untuk penderita asam urat. Susu kedelai juga ternyata tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena pengaruh susu kedelai pada asam urat terbukti dapat meningkatkan kadar asam urat hingga 10 persen. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp