Sepuluh Ciri Ciri Polip di Hidung

Sepuluh Ciri Ciri Polip di Hidung

Sepuluh Ciri Ciri Polip di Hidung – Polip hidung merupakan pertumbuhan jaringan di dinding saluran pernapasan hidung atau pada sinus. Polip merupakan jaringan yang lembut, tak terasa nyeri serta tidak bersifat kanker. Polip mempunyai bentuk seperti anggur yang menggantung di batangnya.

Sepuluh Ciri Ciri Polip di Hidung

Polip hidung mempunyai ukuran yang bervariasi dengan warna yang sama. Pada kasus ukuran polip yang kecil, biasanya tidak memunculkan gejala atau ciri apapun. Namun bila ukuran polip besar dapat mengakibatkan timbulnya beberapa gejala. Di antaranya:

  • Hidung Tersumbat

Ciri-ciri atau gejala yang pasti terjadi jika ukuran polib besar yaitu hidung tersumbat. Kondisi ini pasti akan dialami oleh penderita polip karena terjadi penyempitan di saluran pernapasan. Hidung tersumbat ini juga kerap disertai dengan hidung meler atau pilek.

  • Daging Tumbuh

Daging tumbuh yang dimaksud adalah daging yang muncul di dalam hidung karena daging tumbuh inilah yang dapat disebut sebagai polip. Daging tumbuh dalam hidung ini biasanya memiliki warna putih keabu-abuan.

Bila daging tumbuh ini dibiarkan, maka warnanya bisa berubah yaitu bisa menjadi kemerah-merahan bahkan menjadi kekuning-kuningan dan makin lama bisa menjadi gelap. Selain terjadi perubahan warna, juga akan terjadi perubahan tekstur pada daging yaitu tekstur berubah menjadi lebih kenyal.

  • Penurunan Indra Penciuman

Penyakit polip bisa diidentifikasi juga dari penurunan indra penciuman seseorang. Penurunan indra penciuman biasanya terjadi pada kasus polip yang sudah sangat parah. Penurunan indra penciuman ini terjadi karena adanya penyumbatan di hidung dan menurunnya fungsi kerja pada hidung akibat polip.

  • Sakit Kepala

Adanya sumbatan di hidung bisa menyebabkan sirkulasi udara berkurang atau kurangnya pemasukan oksigen ke tubuh. Sementara tubuh harus tetap mendapat oksigen yang cukup. Jika tidak, tentu bisa mengakibatkan otak kekurangan oksigen, sehingga tubuh penderita polip bisa merasakan sakit kepala akibat kurangnya pemasukan oksigen ke otak.

  • Bersin

Seseorang yang mengidap polip pasti akan mengalami bersin. Bersin ini dipicu oleh adanya jaringan baru yang tumbuh di hidung.

  • Tidur Mendengkur

Kondisi ini terjadi ketika polip berukuran besar. Polip yang berukuran besar ini bisa menghalangi masuknya jumlah udara sehingga seseorang akan mendengkur.

  • Lendir masuk ke Tenggorokan

Penderita polip akan mengalami peningkatan produksi mukosa. Produksi mukosa ini akan menimbulkan dampak pada kondisi hidung. Hidung akan berair dan cairannya akan mengakibatkan lendir yang bisa jatuh ke tenggorokan.

  • Nyeri di sekitar Wajah

Di dalam pipi, ada sebuah rongga udara. Dalam rongga udara tersebut, biasanya polip akan tumbuh. Bila polip sudah tumbuh, maka rongga udara kecil tersebut bisa menimbulkan rasa sakit di bagian wajah. Tentu rasa sakit di bagian wajah ini cukup mengganggu.

  • Sakit Gigi

Sakit gigi yang dialami oleh penderita polip berbeda seperti sakit gigi pada umumnya. Sakit gigi pada pengidap polip akan terjadi di bagian rahang. Kondisi ini tentu harus segera diperiksakan ke dokter.

  • Kehilangan Selera Makan

Kehilangan selera makan ini dapat dikatakan sebagai ciri ciri polip di hidung. Karena seseorang yang menderita polip bisa mengalami berbagai gangguan pada tubuhnya, sehingga hal ini akan berimbas pada menurunnya selera makan seseorang.

Nah itulah Sepuluh Ciri Ciri Polip di Hidung yang harus Anda ketahui. Sekian informasi yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp