Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan – Sakit tenggorokan ketika menelan bukan hanya disebabkan karena radang tenggorokan. Ada sejumlah penyakit lain yang bisa memunculkan kondisi ini. Kenali lebih lanjut berbagai penyebabnya untuk pengobatan yang lebih tepat.

Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Rasa nyeri pada tenggorokan ketika menelan memang cukup mengganggu. Biasanya timbul dari bagian atas leher atau tenggorokan hingga bagian bawah dibelakang tulang dada. Kondisi tersebut dapat memunculkan rasa tidak nyaman karena bisa menimbulkan sensasi perih seperti terbakar atau seperti ada tekanan yang kuat di bagian tenggorokan.

Banyak hal yang bisa terjadi pada tenggorokan serta menyebabkan sakit tenggorokan saat menelan. Salah satunya adalah infeksi di bagian tenggorokan atau adanya reaksi alergi dijalur menelan. Nah selain itu, berikut merupakan beberapa penyebab sakit tenggorokan ketika menelan yang perlu diketahui:

  • Radang Tenggorokan (Sore Throat)

Sakit tenggorokan ketika menelan bisa disebabkan karena peradangan akibat infeksi bakteri, infeks virus atau reaksi alergi. Bakteri yang memunculkan sakit tenggorokan ketika menelan ini biasanya bakteri bernama Streptococcus yang berada di tenggorokan dan amandel. Namun, kondisi ini juga dapat disebabkan karena virus. Bakteri ataupun virus ini bisa memunculkan inflamasi dan juga iritasi pada dinding tenggorokan.

Sakit tenggorokan akibat radang biasanya ditandai dengan demam, kelenjar getah bening membengkak, amandel membengkak, terlihat bercak-bercak putih kekuningan diatas permukaan tenggorokan atau amandel yang merah. Bila penyakit ini disebabkan karena bakteri, dokter akan memberi antibiotik.

  • Penyakit Asam Lambung

Bagi anda yang punya masalah asam lambung kronis, Anda mungkin mengalami sakit tenggorokan saat menelan. Kondisi ini terjadi karena asam lambung mengalir naik kembali hingga ke kerongkongan (esofagus). Lalu cairan lambung yang sifatnya asam ini akan menyebabkan iritasi pada dinding esofagus.

Alhasil, menyebabkan sakit saat seseorang menelan. Bahkan penyakit asam lambung dapat memunculkan gangguan pernapasan. Naiknya kadar asam lambung bisa disebabkan karena adanya kelainan hiatal hernia, stress, obesitas, mengkonsumsi makanan pemicu asam lambung naik seperti soda

  • Radang Amandel

Radang amandel muncul saat ada infeksi pada amandel. Meski bisa menyerang semua usia, tapi penyakit ini paling banyak menyerang pada anak-anak. Bila tidak segera diobati, kondisi ini bisa mengakibatkan komplikasi yang sangat serius.

Adapun gejala radang amandel di antaranya demam, sakit tenggorokan dan amandel tampak membengkak serta memerah terkadang diikuti juga dengan bercak-bercak berwarna putih kekuningan.

Nah itulah berbagai penyebab sakit tenggorokan saat menalan. Jadi, tidak semua rasa sakit pada tenggorokan ketika menelan itu disebabkan karena radang tenggorokan. Mulailah untuk mencoba memperhatikan gejala yang dirasakan dan gejala lainnya yang menyertai. Dianjurkan untuk berkonsultasi pada dokter untuk memperoleh pengobatan yang tepat.

Posted by beritaharianmu.com | Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp