Penyebab Encok Pegal Linu

Penyebab Encok Pegal Linu

Penyebab Encok Pegal Linu – Banyak sekali orang yang sering mengalami encok, tapi tidak semua mengetahui penyebab encok dengan pasti. Akibatnya, encok tidak bisa dicegah dan tidak bisa dihindari. Encok adalah penyakit yang sangat sering dialami oleh orang lanjut usia.

Penyebab Encok Pegal Linu

Encok adalah rasa pegal dipunggung atau dibagian sendi dan tak dapat hilang dalam sekejap. Encok juga memunculkan nyeri yang begitu luar biasa. Tak hanya dipunggung saja, tapi encok juga dapat menyerang diberbagai sendi kaki.

Encok pegal linu disebabkan karena adanya penumpukan arthritis yang dapat memicu munculnya rasa nyeri, panas, bengkak dan kaku. Untuk menghindari encok ini, ada baiknya kita mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan seseorang terserang encok. Berikut hal yang dapat sebabkan seseorang terserang encok:

  • Berat badan berlebih

Orang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas akan rentan terserang encok jika dibandingkan dengan orang yang mempunyai berat badan ideal. Alasannya, karena orang yang mempunyai berat badan berlebih akan mempunyai banyak jaringan ikat yang pecah. Jaringan ikat yang pecah tersebut dapat memicu kenaikan produksi asam urat.

  • Alkohol.

Alkohol bisa sebabkan seseorang terserang encok atau asam urat. Orang yang mengonsumsi alkohol dapat menyulitkan kinerja tubuh untuk dapat membuang asam urat didalam tubuh. Akibatnya, orang yang mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat mempunyai penumpukan zat purin didalam tubuhnya. Zat purin inilah yang dapat menyebabkan seseorang terserang encok.

  • Gangguan enzim

Gangguan pada salah satu enzim dapat menyulitkan tubuh untuk memecah kandungan zat purin yang sudah mengkristal didalam tubuh. Akibatnya, zat purin semakin menumpuk dan sebabkan seseorang terserang encok.

  • Obat-obatan tertentu

Obat-obatan tertentu dapat sebabkan seseorang terserang encok. Obat yang dapat sebabkan seseorang terserang encok adalah obat salisilat, diuretic, levodopa dan cycolsporine.

  • Genetik

Meski genetik mempunyai andil yang tak terlalu besar, para ahli merasa yakin bahwa sekitar 18% genetik berperan dalam risiko terserang encok. Bila dalam keluarga Anda ada riwayat encok, risiko penyebab encok akan menjadi lebih besar dari 18%.

  • Kerusakan sendi

Salah satu hal yang dapat sebabkan seseorang terserang encok adalah adanya kerusakan sendi. Kerusakan sendi dapat sebabkan zat purin mengisi celah-celah sendi tersebut. Akibatnya, sendi pun terasa nyeri, panas, bengkak dan memunculkan ruam merah. Sendi yang bergeser juga dapat sebabkan seseorang terserang encok.

Demikian informasi mengenai beberapa Penyebab Encok Pegal Linu. Setelah mengetahuinya, semoga Anda bisa mencegah kedatangan encok.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp