Penyebab Bercak Putih di Wajah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bercak Putih di Wajah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bercak Putih di Wajah dan Cara Mengatasinya – Bercak putih di wajah bisa menyebabkan seseorang merasa malu sehingga tak percaya diri. Kesan yang kerapkali muncul yaitu bercak putih itu tandanya kurang menjaga kebersihan meski sebetulnya tidak selalu demikian.

Penyebab Bercak Putih di Wajah dan Cara Mengatasinya

Nah, dengan mengetahui penyebab bercak putih di wajah maka akan lebih mudah pula untuk mengatasinya. Bercak putih di kulit termasuk di wajah dikenal sebagai bercak hipopigmentasi yakni kondisi dimana kulit terlihat lebih putih atau lebih terang akibat kekurangan pigmen melanin.

Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, mulai dari iritasi, infeksi, luka hingga kondisi autoimun. Berikut merupakan beberapa penyebab munculnya bercak putih di wajah.

  • Tinea Versicolor atau panu

Tinea versicolor (panu) merupakan kondisi kelainan kulit yang terjadi karena adanya pertumbuhan jamur. Biasanya panu ditandai dengan bintik bintik berwarna putih dan merah muda yang terlihat bersisik atau kering.

  • Vitiligo

Vitiligo adalah kondisi autoimun yang menyebabkan terjadinya kelainan pada kulit berupa hilangnya pigmentasi kulit. Vitiligo bisa muncul di berbagai area tubuh termasuk di wajah. Awalnya, bercak putih pada vitiligo muncul dalam ukuran kecil dan makin lama akan makin meluas. Resiko mengalami vitiligo ini akan lebih meningkat bila ada riwayat penyakit vitiligo di dalam keluarga.

  • Kerusakan Kulit

Luka bakar, infeksi, lecet atau iritasi bisa menyebabkan kerusakan di jaringan kulit. Bagian kulit yang rusak tersebut mungkin bisa kehilangan pigmentasi sehingga dalam penyembuhannya akan terlihat sebagai bercak putih. Biasanya kondisi ini tidak menetap, hanya saja memerlukan waktu yang cukup lama supaya warna kulit bisa kembali. Kondisi ini dikenal sebagai hipopigmentasi pasca inflamasi atau peradangan.

  • Pityriasis Alba

Penyebab bercak putih di wajah selanjutnya adalah pityriasis alba. Yaitu, sejenis eksim yang dapat berbentuk bundar, lonjong atau tak beraturan di wajah. Biasanya kondisi ini akan memengaruhi anak usia 3 – 16 tahun dan sampai saat ini belum diketahui penyebab pastinya. Namun kemungkinan berhubungan dengan eksim atopik, infeksi jamur atau paparan sinar matahari.

Cara Mengatasi Bercak Putih di Wajah

Cara mengatasi bercak putih di wajah, tergantung penyebabnya. Bila bercak putih terjadi akibat vitiligo, maka dokter bisa melakukan perawatan kulit untuk mengembalikan warna kulit wajah dan menghentikan perluasan daerah bercak putih tersebut. Dokter bisa memberi obat oles, obat minum, atau terapi sinar ultraviolet.

Bercak putih yang disebabkan oleh panu atau tinea versicolor akan diberikan obat berupa krim, sabun, losion atau mungkin obat tablet minum. Sementara untuk kondisi pityriasis alba, mungkin diperlukan obat oles untuk membantu menekan perubahan warna kulit wajah serta menghilangkan kerak, kekeringan atau gatal di kulit wajah.

Itulah Penyebab Bercak Putih di Wajah. Dengan mengetahui berbagai penyebab bercak di wajah bisa membantu Anda untuk menentukan cara perawatan yang tepat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Penyebab Bercak Putih di Wajah dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp