Pengobatan Asam Urat di Bahu

Pengobatan Asam Urat di Bahu

Pengobatan Asam Urat di Bahu – Menumpuknya kadar asam urat yang berlebihan didalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya penyakit asam urat. Lantas, apa yang dimaksud dengan asam urat tersebut? Asam urat merupakan limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin dalam sel-sel tubuh.

Pengobatan Asam Urat di Bahu

Limbah ini tentu akan dikeluarkan oleh tubuh, Tetapi ada beberapa kondisi yang bisa membuat tubuh kehilangan kemampuannya untuk membuang kadar asam urat dalam jumlah yang banyak sehingga sebagian yang tidak dikeluarkan malah mengendap dan menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan asam urat tersebut akan membentuk kristal-kristal tajam.

Kristal ini terbentuk dibagian sendi atau disekeliling sendi yang kemudian sebabkan peradangan di persendian serta menimbulkan rasa nyeri yang sangat hebat. Umumnya, semua sendi bisa terkena asam urat termasuk sendi bagian bahu. Nah artikel ini akan menjelaskan tentang pengobatan asam urat di bahu. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

  • Miliki Istirahat yang Cukup

Hal yang paling penting untuk mengobati penyakit asam urat adalah mempunyai istirahat yang cukup selama asam urat sedang kambuh. Disamping itu, hindari bahu Anda dari berbagai benturan agar gejala tidak semakin parah.

  • Kompres Bahu dengan Es Batu

Jika Anda ingin meringankan rasa nyeri di bahu karena asam urat, ANda bisa menggunakan es batu untuk mengompres bagian bahu selama 20 menit. Hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan cara ini adalah tidak menempelkan es batu secara langsung ke bagian kulit lantaran bisa merusak kulit. Masukan es batu ke dalam kain atau kantung plastik kemudian tempelkan di bagian bahu. Ingat, mengompres tidak boleh lebih dari 20 menit.

  • Terapi Asam Urat

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat adalah melakukan berbagai terapi asam urat. Salah satu terapi yang bisa Anda lakukan adalah mengkonsumsi vitamin C dari sejumlah makanan atau minuman.

Dosis vitamin C yang disarankan ialah sekitar 500 mg per hari. Tapi, konsumsi vitamin C ini ada baiknya diikuti dengan konsultasi pada dokter guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi pada tubuh.

Selain terapi asam urat dengan vitamin C, Anda juga bisa terapi asam urat dengan air putih. Konsumsi air putih setiap hari bisa melancarkan pengeluaran asam urat melalui urin sehingga risiko pembentukan kristal makin hari makin berkurang. Seperti yang disarankan dokter, dalam sehari kita harus menghabiskan 6-8 gelas air putih.

Demikian beberapa penjelasan tentang pengobatan asam urat di bahu. Asam urat bisa menyerang siapa saja sehingga tak ada salahnya bila kita selalu waspada dan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan gaya hidup sehat yang bisa menghindarkan kita semua dari berbagai penyakit. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp