Okra untuk Asam Urat

Okra untuk Asam Urat

Okra untuk Asam Urat – Okra atau ladyfingers merupakan jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat. Asam urat adalah salah satu penyakit peradangan sendi yang sudah sangat umum terjadi di masyarakat Indonesia.

Okra untuk Asam Urat

Di mana penyakit ini disebabkan karena tubuh memiliki zat purin berlebihan. Nah ternyata okra bisa menurunkan kelebihan kadar purin dalam tersebut secara bertahap sehingga asam urat dapat disembuhkan. Berikut manfaat okra untuk asam urat yang lebih lengkapnya.

  • Meningkatkan fungsi ginjal untuk menyerap asam urat

Okra dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal supaya bisa menyerap kadar asam urat yang berlebihan dalam tubuh dengan baik.

  • Mengurangi rasa sakit pada persendian

Okra juga dipercaya bisa mengurangi rasa sakit pada persendian. Nah, bila Anda rutin mengonsumsi okra maka bukan tidak mungkin secara perlahan rasa sakit yang Anda rasakan pada sendi bisa menghilang.

  • Memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh

Bila tubuh menerima asupan serat dengan baik maka dapat membantu proses penyerapan kandungan makanan yang sudah dikonsumsi. Sehingga bila kebutuhan serat telah terpenuhi maka kadar asam urat dalam tubuh dapat diserap oleh ginjal dengan baik.

  • Mencegah penyakit asam urat kambuh dan meningkat

Okra juga dinilai bisa mencegah kambuh atau kembalinya asam urat. Hal ini berkaitan dengan manfaat okra seperti menyerap asam urat yang berlebihan dan meredakan rasa nyeri pada persendian sehingga bila dikonsumsi dengan rutin dapat mencegah kembalinya asam urat.

Cara mengolah okra untuk asam urat

Beberapa jenis produk herbal dengan bahan utama okra sebetulnya sudah bisa Anda temui di toko-toko obat tradisional. Tapi Anda juga dapat mengolah tanaman okra sendiri di rumah. Berikut merupakan cara mengolah okra untuk asam urat:

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah menyiapkan okra. Siapkan sebanyak 4-5 okra untuk sekali konsumsi.
  • Langkah selanjutnya, Anda bisa memotong okra menjadi beberapa bagian kecil supaya mempermudah Anda untuk mengolahnya.
  • Rendam okra yang telah dipotong kecil-kecil tersebut. Untuk 5 tanaman okra biasanya memerlukan 2 gelas air.
  • MAsukan air rendaman tanaman okra tersebut ke dalam kulkas. Anda dapat menyimpannya selama 3 jam dalam kulkas.
  • Setelah 3 jam berlalu, Anda dapat mengeluarkan rebusan tanaman okra dari dalam kulkas. Air rendaman tersebut bisa berubah jadi seperti lendir.
  • Saring ampasnya dan pisahkan dengan airnya supaya bisa dikonsumsi
  • Setelah selesai disaring, Anda bisa mengonsumsi air rebusan okra. Teksturnya sedikit berlendir tapi sangat bermanfaat.

Nah itulah pembahasan tentang okra untuk asam urat. Anda bisa mengonsumsi okra secara rutin dan agar lebih efektif lagi, sebaiknya imbangi dengan melakukan diet rendah purin. Dengan begitu, kadar asam urat dalam tubuh tidak akan meningkat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp