Obat Batu Empedu Alami

Obat Batu Empedu Alami

Obat Batu Empedu Alami – Penyakit batu empedu biasanya menyerang orang-orang yang berusia sekitar 20 hingga 50 tahun dan lebih sering terjadi pada wanita. Gejala yang khas dari batu empedu adalah rasa nyeri di perut sebelah kanan atas yang umumnya muncul setelah mengonsumsi makanan bersantan atau berlemak. Apakah Anda termasuk penderita batu empedu?

Obat Batu Empedu Alami

Jika Anda ke dokter, kemungkinan besar akan diberikan pilihan pengobatan dengan mengonsumsi obat-obatan, suntikan, terapi ESWL, tindakan ERCP atau dengan operasi. Berbagai pilihan pengobatan tersebut akan disesuaikan dengan kondisi penyakit Anda.

Tapi sebetulnya ada cara alami untuk meluruhkan batu empedu yang masih berukuran kecil. Apa saja caranya? Simak penjelasan berikut ini tentang cara alami yang bisa digunakan untuk meluruhkan batu empedu.

  • Daun Keji Beling

Keji beling atau Strobilanthes crispa disebut juga dengan pecah beling atau keci beling. Tumbuhan ini cukup banyak digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit. Pada daun keji beling ada kandungan kalsium karbonat sehingga bisa membantu meluruhkan batu empedu serta membuangnya melalui urin.

  • Daun Wungu

Daun wungu atau Graptophyllum pictum disebut juga dengan sebutan daun ungu. Tumbuhan yang satu ini juga sering digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Baik untuk penggunaan luar atau penggunaan dalam.

Dalam sebuah riset, daun wungu yang telah di esktrak memiliki sifat anti inflamasi dan analgesik. Hal ini mungkin dikarenakan daun wungu memiliki kandungan iridoid glycoside dan phenylethanoid glycoside. Dalam dunia obat tradisional, daun ini juga sudah lama dimanfaatkan untuk mengatasi batu empedu.

  • Temulawak

Temulawak atau Curcuma zanthorrhiza memiliki kandungan senyawa aktif kurkumin. Riset menunjukan bahwa kurkumin mempunyai manfaat anti inflamasi serta kemampuan untuk mencegah batu empedu terbentuk.

Namun ada juga penelitian yang memperlihatkan bahwa senyawa aktif kurkumin ini bisa memicu kontraksi pada jantung empedu. Sehingga ada ketakutan bahwa para penderita batu empedu yang mengkonsumsi kurkumin akan merasakan ketidaknyamanan karena kontraksi tersebut.

Dengan adanya ketakutan atau kekhawatiran tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengkonsumsi temulawak.

Itulah beberapa Obat Batu Empedu Alami yang bisa Anda coba di rumah. Namun, sebelum mengonsumsinya diharapkan untuk berkonsultasi dulu ke dokter.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp