Menu Diet Sehat untuk Penderita Batu Ginjal

Menu Diet Sehat untuk Penderita Batu Ginjal

Menu Diet Sehat untuk Penderita Batu Ginjal – Batu ginjal di saluran kemih dapat terbentuk dalam berbagai cara. Kalsium bisa bergabung dengan bahan kimia lain seperti fosfor atau oksalat di dalam urin. Hal ini dapat terjadi karena zat-zat tersebut sangat berkonsentrasi sehingga mengeras.

Batu ginjal juga dapat terjadi akibat dari penumpukan asam urat akibat metabolisme protein. Saluran kemih tidak dirancang untuk mengeluarkan zat padat, sehingga tidak mengherankan jika batu ginjal akan terasa sangat menyakitkan.

Menu Diet Sehat untuk Penderita Batu Ginjal

Tapi untungnya, semua itu dapat dihindari dengan mengkonsumi beberapa Menu Diet Sehat untuk Penderita Batu Ginjal yang akan kami ulas. Berikut dibawah ini macam-macam anjuran makanan pendeirita batu ginjal yang harus dikonsumsi oleh penderita batu ginjal.

  1. Tetap Terhidrasi

Cairan khususnya air putih berperan sangat penting untuk melarutkan bahan kimia pembentuk batu. Untuk itu, pastikan setidaknya Anda minum 12 gelas air putih perhari guna untuk mencegah batu dalam rongga ginjal.

  1. Tingkatkan Asupan Jeruk

Menu diet selanjutnya yang dapat dilakukan oleh penderita batu ginjal yaitu dengan meningkatkan asupan buah jeruk dan jusnya. Cara ini bisa membantu mengurangi atau menghalangi pembentukan batu baru karena kandungan asam sitrat terjadi secara alami.

Beberapa jenis buah jeruk yang baik dikonsumsi yaitu jeruk, lemon, dan grapefruit untuk mengatasi gejala batu ginjal pada pria dan wanita.

  1. Konsumsi Kalsium dan Vitamin D

Jika asupan kalsium Anda rendah, maka kadar oksalat bisa menjadi meningkat. Akan lebih baik jika Anda memperoleh banyak kalsium dibandingkan suplemen sebab hal itu dikaitkan dengan pembentukan batu ginjal.

Sumber kalsium yang baik antara lain: susu, yogurt, keju cottage, dan jenis keju lainnya. Sedangkan untuk sumber kalsium vegetarian yaitu kacang-kacangan, dan molase blackstrap.

Selain beberapa makanan yang baik dikonsumsi dalam diet batu ginjal, juga ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari dalam diet batu ginjal.

Seperti diantaranya: membatasi asupan garam, kurangi protein hewani, makan oksalat dengan bijak, hindari minuman cola, dan kurangi asupan gula.

Nah sebenarnya tidak sulit bukan, untuk memilih Menu Makanan Diet yang tepat bagi penderita Batu Ginjal?

Dengan minum air putih yang cukup, banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan seperti jeruk, dan mengkonsumsi kalsium serta vitamin D, batu ginjal pun bisa dicegah dan diatasi.

Posted by: beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp