Manfaat Sidaguri untuk Pelega Pernapasan Hingga Asam Urat

Manfaat Sidaguri untuk Pelega Pernapasan Hingga Asam Urat

Manfaat Sidaguri untuk Pelega Pernapasan Hingga Asam Urat – Di Indonesia, ada banyak tanaman herbal yang biasa dimanfaatkan untuk terapi pengobatan tradisional. Salah satunya yaitu tanaman sidaguri.

Manfaat Sidaguri untuk Pelega Pernapasan Hingga Asam Urat

Tanaman golongan perdu yang satu ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebut saja salah satunya bisa menyembuhkan penyakit asam urat. Jenis penyakit yang cukup mematikan bila tidak diobati.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat dari tanaman sidaguri ini, alangkah baiknya jika Anda menyimak sejumlah manfaat sidaguri berdasarkan hasil riset yang sudah dilakukan para pakar herbal. Berikut manfaat sidaguri tersebut, antara lain:

  • Pelega pernapasan

Ephedrine yang terkandung dalam tanaman sidaguri sangat bagus untuk fungsi pernapasan. Hal inilah yang membuat tanaman sidaguri dipercaya bisa mengatasi berbagai keluhan pernapasan termasuk asma, batuk, TBC, batuk rejan.

  • Anti depresan

Sidaguri mulai dilirik oleh para pakar depresi sebagai terapi alternatif dalam mengatasi stres dan depresi. Kemampuannya yang bisa mengendalikan naik turunnya kadar hormon dalam tubuh dipercaya menjadi penyebab sidaguri bermanfaat untuk pasien depresi.

  • Anti diabetes dan anti kolesterol

Flavonoid dan etanol dalam tanaman sidaguri menjadi salah satu faktor yang menjadikannya cukup efektif untuk mengatasi kelebihan kadar gula dan kolesterol di dalam darah. Kemampuan sidaguri ini ternyata berguna juga dalam merawat kesehatan jantung.

  • Terapi asam urat

Selain digunakan sebagai anti diabetes dan anti kolesterol, ternyata sidaguri bisa digunakan untuk terapi asam urat. Flavonoid yang ada di dalam sidaguri dapat bekerja mengobati asam urat. Umumnya, tanaman sidaguri ini dikeringkan baik daun ataupun akar dan batangnya.

Sidaguri kering tersebut lalu direbus dalam air mendidih. Setelah itu sajikan seperti minuman teh hangat, Anda bisa menambahkan pemanis alami seperti madu jika perlu.

Dugaan sementara, tanaman sidaguri ini mempunyai kemampuan meningkatkan kinerja ginjal dalam memaksimalkan proses pengeluaran kelebihan zat purin dalam darah. Tanaman ini juga mengandung anti radang sehingga diyakini bagus untuk mengatasi jenis penyakit peradangan seperti asam urat.

Itulah beberapa manfaat herbal dari tanaman sidaguri untuk kesehatan tubuh. Jika Anda berminat untuk mengonsumsi sidaguri, hal yang paling penting Anda ingat adalah mengonsumsinya dalam batas sewajarnya. Demikian, semoga artikel ini dapat membantu.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp