Manfaat Lemon untuk Batu Ginjal

Manfaat Lemon untuk Batu Ginjal

Manfaat Lemon untuk Batu Ginjal – Beberapa informasi menyebutkan jika untuk mengatasi penyakit batu ginjal perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Salah satunya adalah buah lemon yang juga dipercaya sebagai Buah yang Menyehatkan Ginjal.

Manfaat Lemon untuk Batu Ginjal

Apakah benar jika ada manfaat lemon untuk batu ginjal, dan apa saja penyebabnya? Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Mencegah Batu Ginjal

Salah satu manfaat lemon untuk batu ginjal yang paling utama yaitu untuk pencegahan dari batu ginjal.

Jenis batu ginjal yang paling banyak terjadi yaitu jenis kalsium oksalat. Kalsium oksalat tersebut terbentuk dari reaksi kimia kalsium dan oksalat di dalam tubuh.

Kalsium itu sendiri masuk ke dalam tubuh karena makanan tinggi kalsium. Dan jika kalsium tersebut bereaksi dengan oksalat maka kemungkinan tinggi akan membuat seseorang mengalami batu ginjal jenis kalsium oksalat.

Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan secara alami adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam sitrat. Dan salah satunya adalah buah lemon.

Dengan demikian, mengkonsumsi lemon dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal jenis kalsium oksalat tersebut.

  • Diuretik Alami

Manfaat lemon untuk batu ginjal lainnya yaitu sebagai diuretik alami. Lemon merupakan buah yang rendah glukosa dan merupakan salah satu Obat Tradisional Batu Ginjal.

Selain itu, buah lemon juga mengandung rasa asam dari asam sitrat yang dikandungnya. Dan ternyata buah ini juga memiliki daya diuretik yang baik.

Diuretik alami di dalam nya tentu juga baik untuk membantu mengeluarkan lebih banyak urine, sehingga bisa dijadikan alternatif buah yang baik bagi pasien yang membutuhkan diuretik alami.

  • Alternatif pengobatan selain Hydroxycitrate

Pasien batu ginjal mungkin pernah mendengar istilah hydroxycitrate atau HCA. HCA merupakan salah satu pengobatan untuk membantu menghancurkan batu ginjal pada tubuh supaya lebih mudah dihancurkan. Tapi kabarnya HCA itu terbilang cukup mahal.

Peneliti dari University of Houston mengatakan jika senyawa HCA dapat digantikan dengan makanan-makanan yang mengandung asam sitrat. Dan salah satunya yaitu buah lemon.

Sehingga dengan mengkonsumsi lemon dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk batu ginjal selain HCA. Karena lemon merupakan salah satu Buah-buahan Penghancur Batu Ginjal.

Cara Mengonsumsi Lemon

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi lemon sebagai salah satu bahan pengobatan alternatif dari Penyakit Batu Ginjal.

  1. Jus lemon

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat lemon untuk batu ginjal yaitu dengan mengonsumsi jus lemon.

Caranya adalah dengan memeras air perasan lemon, kemudian mencampurkannya dengan sejumlah air. Jus ini dapat dikonsumsi secara sehat.

  1. Infused water

Cara kedua yaitu dengan membuat infused water. Caranya: siapkan satu botol air, kemudian masukkan beberapa irisan buah lemon segar.

Air tersebut akan menjadi infused water yang sehat dan dapat dikonsumsi secara sehat. Selain itu, air itu juga dapat dibawa kemana-mana sebagai bekal yang sehat.

  1. Lemon dan minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun sudah tidak perlu diragukan lagi. Minyak ini ternyata juga dapat dijadikan bahan pelengkap untuk mengonsumsi lemon yang ditujukan untuk pengobatan batu ginjal. Caranya cukup mudah dengan mencampur jus lemon dengan beberapa minyak zaitun.

Itulah beberapa manfaat dan cara mengkonsumsi lemon yang bisa dilakukan. Ingat selalu bahwa cara ini hanya sebagai cara alternatif.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp