Manfaat Kulit Jeruk sebagai Obat Jerawat

Manfaat Kulit Jeruk sebagai Obat Jerawat

Manfaat Kulit Jeruk sebagai Obat Jerawat – Jerawat adalah salah satu masalah besar yang dapat terjadi pada seorang wanita. Kenapa demikian? Sebab selain membuat seseorang tidak percaya diri, jerawat juga termasuk gangguan kesehatan loh, ladies.

Obat jerawat pada saat ini semakin bervariasi karena banyaknya permintaan pasar yang semakin membludak. Sehingga jika kini Anda termasuk salah satu orang yang mengalami masalah berjerawat, Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena obat ataupun produk kecantikan untuk mengatasi jerawat kini sangat mudah di temukan.

Namun sebelum itu, ternyata masih banyak bahan-bahan alami yang bisa mengatasi hal itu. Salah satu diantaranya adalah dengan memanfaatkan kulit jeruk. Ingin mengetahui informasi selengkapnya? simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengutip laman StyleCraze dan Dr. Mercola, sebenarnya kulit jeruk ini merupakan bagian buah jeruk yang paling menyehatkan. Pasalnya, kulit jeruk mengandung berbagai kandungan senyawa seperti hesperidin dan polumethoxyflavones yang bersifat antioksidan.

Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa kulit jeruk terasa pahit, maka jawabannya adalah karena tingginya kandungan beragan senyawa antioksidan yang bermanfaat ini. Buah jeruk memang tinggi akan kandungan vitamin C. Namun, kandungan vitamin C terbanyak justru ada pada kulit jeruk.

Di dalam 100 gram kulit jeruk, terkandung 136 miligram vitamin C atau hampir setara dengan 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah vitamin C sebanyak 71 miligram yang terdapat pada daging buah jeruk.

Bagian jeruk yang mempunyai aroma menyegarkan ini juga banyak mengandung senyawa antiradang, antimikroba, dan antibakteri. Senyawa-senyawa tersebut penting dalam mengatasi jerawat. Karena jerawat terbentuk akibat dari peradangan pada pori-pori yang tersumbat oleh bakteri, sel kulit mati, ataupun minyak berlebih.

Selain itu, kulit jeruk juga mengandung cukup vitamin A, vitamin B, serat, dan berbagai jenis mineral di dalam nya. Penggunaan pada kulit pun disinyalir bisa merangsang pertumbuhan sel-sel baru di kulit wajah. Kombinasi berbagai kandungan itulah yang bermanfaat bisa membantu untuk mengatasi masalah jerawat secara alami.

Cara Mengolah Kulit Jeruk untuk Obat Jerawat

Anda dapat mengolah kulit jeruk untuk mengatasi jerawat melalui beberapa cara berikut ini.

1. Membuatnya menjadi Pasta Kulit Jeruk

Untuk membuatnya menjadi pasta, ambilah beberapa kulit jeruk dan keringkan di bawah sinar matahari selama seharian. Kemudian haluskan kulit jeruk sampai menjadi bubuk yang halus. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai teksturnya berubah menjadi lunak seperti pasta. Barulah kulit jeruk dapat digunakan sebagai masker.

2. Memeras Cairan dari Kulit Jeruk

Menggunakan kulit jeruk untuk jerawat juga dapat dilakukan dengan memerasnya secara langsung. Pisahkan kulit jeruk terlebih dahulu dari buahnya, kemudian peras dengan segera. Gunakan kapas kecil, kemudian totolkan pada area jerawat. Lakukan cara ini selama beberapa hari, dan Anda akan mendapatkan hasilnya.

3. Membuat Makser Kulit Jeruk dan Madu

Masker ini bisa membantu menghilangkan kemerahan serta luka bekas jerawat. Caranya, campurkan bahan utama bubuk kulit jeruk, madu, juga yogurt. Lalu, Anda bisa langsung mengoleskannya pada wajah.

Jika kulit wajah Anda terasa kering sesudah pemakaian masker ini, Anda bisa mencapur masker ini dengan menggunakan pelembap atau minyak kelapa.

Setelah kita menyimak informasi diatas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa manfaat kulit jeruk dapat kita manfaatkan sebagai obat jerawat alami. Tentu hal ini dengan syarat penggunaannya yang tepat. Dan dengan begitu, Anda dapat mengoptimalkan potensi kulit jeruk sebagai salah satu solusi alternatif untuk permasalah kulit wajah Anda.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp