Makanan untuk Penderita Maag Ini Ada di Rumah

Makanan untuk Penderita Maag Ini Ada di Rumah

Makanan untuk Penderita Maag Ini Ada di Rumah – Sakit maag yang kerap kambuh secara tiba-tiba pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Supaya tidak bertambah parah, anda harus menyeleksi dan mencari tahu berbagai makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh penderita maag.

Makanan untuk Penderita Maag Ini Ada di Rumah

Umumnya, sakit maag disebabkan karena peradangan pada lambung, infeksi, obat-obatan tertentu, kebiasaan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, kafein, makanan pedas, merokok dan juga stres. Bila tidak segera diatasi, maag bisa memicu perdarahan di lambung dan bisa meningkatkan resiko penyakit berbahaya seperti kanker lambung.

Makanan yang Bagus untuk Penderita Maag

Pemilihan makanan untuk penderita maag bertujuan untuk mengurangi beban kerja saluran pencernaan serta menetralisir kelebihan asam lambung. Nah, berikut ini merupakan berbagai makanan yang bagus dikonsumsi oleh penderita maag, antara lain :

  • Pisang dan Melon

Pisang dan melon adalah buah buahan yang mempunyai tingkat keasaman yang cukup rendah. Keduanya sangat disarankan dikonsumsi oleh penderita maag. Lantaran bisa membantu menstabilkan naiknya asam lambung.

  • Jahe

Jahe bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, salah satunya maag. Anda bisa membuat jahe sebagai teh. Teh jahe adalah minuman yang dapat menjadi antiradang dan minuman pereda asam lambung yang naik.

  • Oatmeal

Konsumsi semangkuk oatmeal sangat disarankan bagi penderita maag. Lantaran, oatmeal bisa menyerap asam lambung serta mengatasi gejala naiknya asam lambung.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman alami yang bisa mengatasi penyakit maag. Menurut sebuah penelitian, lidah buaya bisa mengurangi resiko terkena tukak lambung dan bisa mencegah produksi asam lambung berlebih. Tanaman alami ini juga memiliki zat antimikroba, antiradang dan antioksidan.

  • Adas

Makanan untuk penderita maag yang satu ini adalah bahan alami yang bisa dikonsumsi dalam bentuk salad. Iris tipis adas kemudian campurkan dengan sayuran lain seperti bayam dan argula. Adas aman untuk penderita maag karena mempunyai kadar keasaman yang cukup rendah dan bisa meningkatkan fungsi kerja lambung.

  • Seledri

Seledri hampir tak mempunyai kalori karena kandungan air nya cukup tinggi dan seledri bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk penderita maag. Disamping itu, seledri juga bisa meningkatkan nafsu makan dan menjadi sumber serat yang baik.

  • Sayuran Hijau

Mengkonsumsi sayuran memang disarankan bagi penderita maag, karena bisa membantu menurunkan kelebihan asam lambung. Dianjurkan untuk memilih jenis sayuran yang mempunyai kadar keasaman rendah seperti asparagus, brokoli, kacang panjang, kembang kol, mentimun dan bayam.

  • Beras Coklat

Karbohidrat kompleks dalam beras coklat lebih lama dicerna di lambung, sehingga bisa membantu mencegah asam lambung meningkat.

  • Daging

Pilihan daging terbaik untuk para penderita maag yaitu daging tanpa lemak. Ingat, hindari cara pengolahan daging dengan cara digoreng. Pilihlah daging yang diolah dengan cara dipanggang atau direbus.

Penderita maag harus menghindari berbagai makanan dan minuman yang mengandung asam, berlemak tinggi, pedas, mengandung alkohol, soda dan kafein. Anda juga perlu memerhatikan pola makan teratur. Jangan biarkan perut kosong terlalu lama. Karena hal ini bisa meningkatkan resiko naiknya asam lambung. Konsultasikan pada dokter bila Anda mengidap penyakit maag kronis yang tak kunjung sembuh supaya mendapat pengobatan yang tepat.

Posted by beritaharianmu.com | Makanan untuk Penderita Maag Ini Ada di Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp