Komplikasi Demam Berdarah Sebabkan Kematian

Komplikasi Demam Berdarah Sebabkan Kematian

Komplikasi Demam Berdarah Sebabkan Kematian – Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang menjadi habitat nyamuk demam berdarah. Oleh sebab itu, demam berdarah dengue (DBD) ini masih merupakan salah satu masalah kesehatan utama bagi masyarakat Indonesia.

Komplikasi Demam Berdarah Sebabkan Kematian

DBD adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh cirus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Tapi, kebanyakan orang masih sering rancu dengan istilah demam dengue (DD) dan demam berdarah dengue (DBD).

Kedua jenis demam tersebut sama-sama disebabkan oleh virus dengue. Namun yang membedakannya adalah ada tidaknya kebocoran plasma. Demam dengue menyebabkan demam tinggi, nyeri otot, nyeri sendi, dan ruam.

Sedangkan demam berdarah dengue (DBD) bisa menyebabkan kebocoran plasma yang mengakibatkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba (syok), bahkan sampai kematian.

Peningkatkan kasus DBD sendiri di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh mobilitas yang tinggi, perkembangan wilayah perkotaan, perubahan iklim, dan yang terpenting rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Dibiarkan tanpa penanganan medis, DBD akan semakin berkembang menjadi parah dan menimbulkan berbagai komplikasi. Seperti yang paling umum terjadi yaitu kerusakan pembuluh darah dan kelenjar getah bening yang bisa menyebabkan perdarahan.

Perdarahan akibat DBD tersebut biasa ditandai dengan mimisan, gusi berdarah, atau memar berwarna keunguan yang terjadi secara tiba-tiba. Lambat laun perdarahan dalam ini bisa menyebabkan syok akibat tekanan darah yang menurun drastis dalam waktu singkat.

Jika DBD sudah sampai pada tahap syok, maka kondisi ini disebut dengan dengue shock syndrome (DSS) dan bisa menyebabkan kegagalan pada sistem organ tubuh yang berujung pada kematian.

Anda perlu waspada terhadap perdarahan dan dengue shock syndroma sebagai 2 komplikasi demam dengue yang mematikan. Itu sebabnya, penting untuk segera mendapatkan pertolongan medis jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami gejala penyakit DBD atau demam dengue.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp