Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Stroke

Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Stroke

Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Stroke – Stroke adalah salah satu penyakit berbahaya yang harus diwaspadai. Karena jika kita sudah sekali terserang stroke maka akan sulit menyembuhkannya. Jarang, ada pengidap stroke yang dapat sembuh dan normal seperti semula.

Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Stroke

Kebanyakan dari mereka akan mengalami kelumpuhan di beberapa bagian tubuhnya. Stroke bukan hanya menyerang orang yang sudah  tuaa saja. Tapi juga dapat menyerang orang yang masih muda meski jarang terjadi.

Nah selain faktor usia, ternyata penyebab lain dari penyakit stroke ini juga bisa akibat kebiasaan. Berikut merupakan beberapa kebiasaan buruk yang memicu munculnya penyakit stroke.

Kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan Stroke

  • Merokok

Stroke merupakan kondisi di mana terputusnya pasokan darah ke otak akibat penyumbatan pembuluh darah. Lalu apa hubungannya dengan rokok?

Zat nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mengendap dan menumpuk di pembuluh darah. Jika endapan tersebut sudah sangat banyak, maka lama kelamaan pasti terjadi sumbatan di pembuluh darah Anda. Inilah yang membuat Anda pada akhirnya terserang stroke.

  • Sering konsumsi makanan berlemak

Kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak juga berisiko tinggi sebabkan stroke. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kolesterol dalam tubuh cukup tinggi, maka lama kelamaan akan membentuk sebuah plak di dalam pembuluh darah.

Sehingga terjadilah penyumbatan di pembuluh darah. Penyumbatan tersebut menyebabkan aliran darah di dalam tubuh jadi tidak lancar. Jika darah sudah tidak dapat lagi diedarkan ke otak maka akan berakibat stroke.

  • Stres

Banyak hal yang dapat membuat seseorang jadi stres. Stres yang tidak dapat dikendalikan bisa sangat berbahaya untuk kesehatan. Bukan hanya picu terjadinya depresi, tapi juga dapat berpotensi timbulkan penyakit stroke. Saat stres, organ yang ada di dalam tubuh tidak akan bekerja secara optimal.

Selain mengakibatkan tekanan darah tinggi, stres juga memengaruhi perubahan hormon pada otak. Ini menyebabkan darah di dalam otak tak dapat mengalir dengan baik. Sehingga dapat menyebabkan kerusakan di otak.

  • Banyak mengonsumsi makanan bergaram

Penyebab stroke selanjutnya yaitu karena terlalu sering mengonsumsi makanan bergaram. Maka dari itu, jangan berlebihan menggunakan garam saat memasak. Karena selain membuat masakan jadi asin, konsumsi garam yang berlebihan ini juga dapat meningkatkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi tentu sangat tidak bagus untuk tubuh. Pasalnya, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan perdarahan di otak. Yang mana kemudian dapat memicu munculnya stroke

  • Kurang berolahraga

Kebiasaan malas bergerak ternyata salah satu cikal bakal berkembangnya bibit penyakit di dalam tubuh. Salah satu penyakit yang mengintai orang-orang yang kurang aktivitas ialah penyakit stroke. Karena itulah, jika Anda ingin terhindar dari stroke maka luangkan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk olahraga agar tubuh jadi lebih sehat dan bugar.

  • Sering mengonsumsi alkohol

Minuman yang mengandung alkohol mempunyai dampak yang sangat buruk bagi tubuh. Tapi sayang, masih banyak orang yang tidak menyadari hal ini sehingga mereka tetap mengonsumsinya. Saat alkohol masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mengenalinya sebagai zat asing.

Adanya zat asing ini kemudian menyebabkan volume darah jadi sangat tinggi serta kebutuhan untuk mengalirkan darah mendapat tekanan besar. Kondisi ini akan membuat pasokan darah ke otak jadi berkurang sehingga munculah penyakit stroke.

  • Kurang tidur

Tidur adalah cara tubuh untuk beristirahat. Jika kurang tidur, maka tubuh akan terasa lemas, lesu dan mudah lelah. Di samping itu, rupanya kurang tidur juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Proses metabolisme di dalam tubuh akan jadi kacau jika kita kurang tidur. Kacaunya sistem metabolisme ini, dapat akibatkan stroke.

Nah itulah kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan stroke. Mulai sekarang, hindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Ingat, lebih baik mencegahnya sekarang daripada nanti mengobati. Karena penyakit stroke sulit disembuhkan.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp