Jenis Pengobatan Penyakit Ginjal Stadium Akhir

Jenis Pengobatan Penyakit Ginjal Stadium Akhir

Jenis Pengobatan Penyakit Ginjal Stadium Akhir – Perawatan untuk penyakit ginjal stadium akhir yang paling utama yaitu Dialisis atau Transplantasi Ginjal.

Akan tetapi dalam beberapa kasus, perubahan gaya hidup serta pengobatan penyakit ginjal stadium akhir lainnya juga bisa sangat membantu.

Jenis Pengobatan Penyakit Ginjal Stadium Akhir

Berikut akan kami berikan ulasan tentang beberapa jenis pengobatan untuk penyakit ginjal stadium akhir yang perlu Anda ketahui.

  • Dialisis

Pengobatan penyakit ginjal stadium akhir dengan cara dialisis bisa dilakukan dalam 2 pilihan. Salah satunya yaitu proses hemodialisis yang menggunakan mesin untuk memproses darah.

Mesin akan menyaring limbah menggunakan solusi kemudian menempatkan darah bersih masuk kembali ke dalam tubuh. Umumnya cara ini dilakukan sebanyak 3 kali setiap minggu dan perlu 3 sampai 4 jam setiap kali diasis.

Sedangkan pilihan kedua yang mungkin juga disarankan yaitu dialisis peritoneum. Proses ini melibatkan penempatan solusi ke arah perut pasien kemudian akan dihilangkan memakai cutter.

Jenis dialisis ini dapat dilakukan sendiri di rumah dengan pelatihan yang tepat, dan sering dilakukan dalam semalam saat pasien tidur.

  • Trasnplantasi Ginjal

Operasi transplantasi ginjal melibatkan pengangkatan ginjal yang terkena jika memang diperlukan dan menempatkan organ ginjal yang disumbangkan.

Hanya satu ginjal sehat saja yang diperlukan sehingga donor ginjal sering diambil dari pendonor hidup. Seseorang dapat menyumbangkan satu ginjal mereka dan akan terus berfungsi dengan normal seperti umumnya.

  • Terapi Obat

Penderita diabetes atau tekanan darah tinggi perlu mengontrol kondisi mereka guna untuk mencegah penyakit ginjal stadium akhir.

Kedua kondisi tersebut dapat memperoleh manfaat dari terapi obat dengan menggunakan angotensin converting enzyme receptor blocker’s atau ARBs.

Selain itu, beberapa vaksin juga dapat membantu mencegah komplikasi serius dari penyakit ginjal stadium akhir.

  • Perubahan Gaya Hidup

Retensi cairan bisa mengakibatkan perubahan berat badan dalam waktu cepat sehingga sangat penting untuk memantau berat badan.

Anda mungkin perlu menambahkan asupan kalori serta menghindari protein. Diet rendah sodium, potasium dan elektrolit lain kemungkinan juga diperlukan bersamaan dengan pembatasan cairan.

Mengkonsumsi suplemen vitamin seperti vitamin C, vitamin D, kalsium serta zat besi akan sangat membantu fungsi ginjal dan penyerapan nutrisi penting.

Selain itu, penderita penyakit ginjal juga perlu menghindari konsumsi alkohol dan rokok karena keduanya menjadi pemicu hipertensi yang jadi salah satu penyebab penyakit ginjal.

Olah raga kardio seperti bersepeda, berenang, atau berlari juga perlu dilakukan guna sangat efektif untuk menjaga ginjal agar tetap sehat.

Posted by beritaharianmu.com 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp