Jenis-jenis Makanan yang Meningkatkan Kolesterol

Jenis-jenis Makanan yang Meningkatkan Kolesterol

Jenis-jenis Makanan yang Meningkatkan Kolesterol – Anda mungkin merasa was was saat mengonsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Karena kolesterol seringkali naik gara gara salah makan.

Jenis-jenis Makanan yang Meningkatkan Kolesterol

Kenaikan kadar kolesterol jahat (LDL) dan berkurangnya kadar kolesterol baik (HDL) seringkali diakibatkan oleh pola makan dan juga gaya hidup Anda sehari-hari.

Jadi sebaiknya Anda harus bisa menghindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan kolesterol naik. Berikut merupakan dua jenis makanan utama yang perlu dipantang atau setidaknya Anda batasi.

  • Lemak jenuh

Sumber lemak jenuh yang paling utama adalah dari makanan hewani seperti daging merah, telur, produk susu berlemak dan beberapa jenis minyak sayur (minyak kelapa sawit dan mentega kakao). Karena lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat, ada baiknya Anda membatasi mengonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak jenuh ini.

  • Lemak trans

Sebetulnya tubuh Anda tidak boleh mengasup lemak trans. Lemak trans merupakan lemak hasil produk sampingan dari reaksi kimia yang merubah minyak sayur cair menjadi margarin padat. Lemak ini bisa mencegah minyak sayur jadi tengik.

Lemak trans tidak memiliki kandungan nutrisi, yang ada lemak trans ini cukup berbahaya untuk kesehatan jantung, bisa meningkatkan kolesterol jahat dan trigliserida, menurunkan kolesterol baik. Karena itu, tak heran bila produksi lemak trans ini sangat dilarang oleh FDA.

Jenis makanan yang bisa menambah kadar kolesterol ialah makanan apapun yang mengandung banyak Lemak Jenuh dan Lemak Trans. Anda ada di dalam jalur yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat bila sedang menghindari makanan-makanan tersebut.

Dalam upaya menurunkan kadar kolesterol, Anda harus memperbanyak mengonsumsi berbagai jenis makanan penurun kadar kolesterol seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan. Hal ini bisa menjadi cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol.

Ingat juga, bahwa buah, sayur dan kacang-kacangan tersebut sangat baik untuk keseluruhan kesehatan Anda. Tak hanya berguna sebagai jenis makanan penurun kolesterol saja. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by Berita Harianmu

Jenis-jenis Makanan yang Meningkatkan Kolesterol

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp