Fakta Tentang Penyakit Asam Urat

Fakta Tentang Penyakit Asam Urat

Fakta Tentang Penyakit Asam Urat – Tidak sedikit penyakit yang berkembang di masyrakat seringkali dikaitkan dengan mitos. Padahal, setiap penyakit mempunyai fakta yang sama sekali tak ada kaitannya dengan mitos.

Fakta Tentang Penyakit Asam Urat

Tentu saja tak terkecuali dengan penyakit asam urat yang dipengaruhi oleh pola makan buruk serta jarang olahraga. Sebelum terbawa mitos yang tak masuk akal. Mari cari tahu terlebih dahulu fakta-fakta tentang asam urat berikut ini.

  • Hanya yang memiliki berat badan berlebih atau gemuk yang terkena asam urat

Faktanya, setiap orang berpotensi terserang asam urat berapapun berat badannya. Tapi seseorang yang mempunyai berat badan berlebih mempunyai resiko lebih besar terserang penyakit asam urat.

Hal ini telah disampaikan oleh seorang direktur rheumatology, John Reveille, MD, di University of Texas Health Science Center, Houston. Disamping itu, asam urat juga sering terjadi pada seseorang yang menderita diabtes, hipertensi dan kolesterol.

Satu lagi, gen juga ternyata memengaruhi seseorang untuk terserang penyakit asam urat. Jadi, bila orang tua Anda mempunyai riwayat asam urat, maka bukan tidak mungkin Anda akan terkena penyakit asam urat juga.

  • Asam urat cenderung dialami oleh pria

Faktanya, Penyakit asam urat tidak terbatas pada jenis kelamin. Baik pria ataupun wanita sama-sama berpotensi untuk terserang penyakit asam urat meski benar bahwa pria memiliki potensi yang lebih tinggi.

Menurut riset yang dilakukan oleh Herbert Baraf, MD, seorang profesor ilmu kedokteran dari Washington D.C, potensi pria dan wanita yang mengalami penyakit asam urat cenderung sama saat sudah berusia di atas 40 tahun.

  • Nyeri asam urat di jempol kaki

Faktanya, asam urat yang menumpuk di dalam darah dapat membentuk kristal yang membakar sendi. Sehingga jempol kaki merupakan area yang paling diserang terlebih dahulu. Tapi bukan berarti nyeri hanya berpusat di jempol saja. Karena asam urat juga sering terjadi di lutut pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

  • Sakit tapi tidak mematikan

Faktanya, benar bila asam urat tidak mematikan secara langsung. Tapi bila kondisi ini dibiarkan begitu saja bisa meningkatkan resiko terserang penyakit serius yang bisa berakibat fatal. Hal ini karena penyakit asam urat dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, stroke serta retensi insulin.

  • Tidak ada obat untuk asam urat

Faktanya, saat ini sudah banyak obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat. Obat-obat tersebut diformulasikan untuk mengatasi rasa nyeri dan juga peradangan akibat penumpukan kristal asam urat dengan cepat.

Untuk menurunkan kadar asam urat, cara terbaik yaitu dengan mengubah gaya hidup. Hindari berbagai asupan protein hewani. Anda bisa menggantinya dengan sayuran berprotein seperti kacang polong dan buncis. Mengatur pola makan seimbung merupakan kunci untuk menghindari penyakit asam urat. Semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp