Fakta Keputihan yang Penting Diketahui Semua Wanita

Fakta Keputihan yang Penting Diketahui Semua Wanita

Fakta Keputihan yang Penting Diketahui Semua Wanita – Setiap wanita pasti akan mengalami keputihan. Tapi apakah keputihan normal terjadi pada wanita? Pasalnya, ada banyak orang yang menanggap bahwa keputihan terkait dengan penyakit kelamin. Ngeri sekali!

Fakta Keputihan yang Penting Diketahui Semua Wanita

Tapi jangan berpikir kemana-mana dulu ya, mending simak dulu beberapa fakta keputihan di bawah ini. Siapa tahu, Anda dapat menemukan cara untuk mengatasi keputihan.

  • Keputihan adalah Pembersih

Meksi pembersihan daerah kewanitaan tak dapat dilakukan mendalam. Tapi, vagina Anda ternyata dapat melakukan pembersihan dengan sendirinya dari berbagai bakteri, kelebihan air serta dinding sel vagina lewat mekanisme keputihan.

Jadi tak perlu takut bila Anda mengalami keputihan. Keputihan itu sangat normal terjadi bila berwarna bening atau putih susu dan tidak berbau amis. Namun, tentu saja alasan untuk takut juga ada. Pasalnya, keputihan bisa disebabkan oleh infeksi panggul, infeksi jamur atau penyakit menular lainnya seperti klamidia dan gonorea.

  • Keputihan sebelum Menstruasi

Hal yang kerap terjadi pada tubuh secara alami pasti mempunyai tujuan tertentu, begitupun dengan keputihan. Seperti ketika menjelang ovulasi, dengan sendiriya, vagina akan mengeluarkan sekret yang berfungsi menyediakan lingkungan yang bisa ditoleransi oleh sperma.

Kondisi tersebut menyebabkan munculnya keputihan berlebih ketika menjelang menstruasi. Jenis keputihan ini sangat bermanfaat untuk menarik sperma kedalam rahim. Wah, ternyata keputihan itu sangat berguna!

  • Keputihan pada Setiap Orang bisa Berbeda

Menurut Departemen Health and Human services, Amerika, sejumlah orang bisa mengalami keputihan hanya pada saat tertentu saja, dan ada juga beberapa orang yang bisa mengalami keputihan setiap hari.

  • Keputihan dikatakan Tidak Normal, ketika

Beberapa kriteria keputihan tidak normal di antaranya, keputihan berwarna kuning atau hijau, kental, berbau. Ciri-ciri keputihan tersebut merupakan indikasi adanya infeksi dan penyebabnya dapat berupa jamur, bakteri atau parasit. Segera temui dokter bila Anda mengalami hal ini.

  • Satu sendok teh setiap hari

Rupanya, wanita rata-rata mengeluarkan keputihan sekitar 4 ml setiap harinya atau setara dengan satu sendok teh.

  • Jangan Bunuh Bakteri Baik

Tak semua keputihan harus diobati. Bila keputihan Anda masih tergolong normal, dengan menjaga kebersihan saja, keputihan bisa sembuh sendiri. Penggunaan sabun pembersih yang berlebih dikhawatirkan bisa mematikan bakteri baik yang berfungsi melindungi vagina dari berbagai infeksi.

  • Pantyliner Ternyata Kurang Bagus

Pantyliner bisa menjaga celana dalam tetap bersih. Tapi, pantyliner juga bisa menyebabkan keputihan. Pasalnya, pantyliner menghalangi aliran udara serta memerangkap panas. sehingga membuat kuman tumbuh dengan sangat baik.

Bila kondisi memaksa untuk menggunakan pantyliner, maka upayakan untuk selalu menggantinya setiap 4 jam sekali. Keputihan ternyata bisa muncul dalam berbagai wujud dan warna. Keputihan juga bisa bermanfaat baik untuk menarik sperma atau menghambatnya.

Ingatlah! Jika keputihan berwarna kuning atau hijau serta berbau, mungkin Anda terkena infeksi jamur. Segera temui dokter bila mengalami hal tersebut. Jadi, apakah keputihan Anda normal? Perhatikan sejumlah fakta di atas, agar dapat mencegah kondisi yang berkelanjutan.

Mau Sembuh dari Keputihan Abnormal? Silahkan tanyakan pada kami obat yang tepat untuk mengusir keputihan abnormal.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp