Efek Samping Ginjal Bocor yang Wajib Diketahui

Efek Samping Ginjal Bocor yang Wajib Diketahui

Efek Samping Ginjal Bocor yang Wajib Diketahui – Salah satu penyakit yang berbahaya di Indonesia yaitu Penyakit Ginjal.

Kasus ini selalu meningkat di setiap tahunnya yang dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari faktor internal sampai eksternal.

Jenis penyakit ginjal antara lain: infeksi kandung kemih, batu ginjal, dan ginjal bocor pada anak maupun pada dewasa.

Efek Samping Ginjal Bocor yang Wajib Diketahui

Setiap penyakit memiliki efek samping, salah satunya ada pada penyakit ginjal bocor. Penyakit ini pun akan memberikan efek samping tersendiri.

Dimana efek samping ginjal bocor tersebut akan menyebabkan seseorang mengalami kesulitan atau gangguan dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.

Selain itu, bahaya ginjal bocor juga akan berdampak pada komplikasi penyakit lainnya, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Jika ginjal mengalami kebocoran atau ginjal bocor, maka secara otomatis fungsi dari ginjal tersebut tidak bisa maksimal.

Berikut adalah efek samping yang bisa ditimbulkan dari ginjal bocor.

  1. Terganggunya Proses Metabolisme

Efek samping utama ketika seseorang mengalami kebocoran ginjal yaitu terganggunya proses metabolisme dalam tubuh.

Dimana proses tersebut tidak hanya dipegang oleh ginjal, tapi juga membutuhkan peran dari organ lainnya seperti: jantung, hati, sistem saraf, dan organ lainnya.

  1. Kurangnya Asupan Protein

Protein adalah salah satu kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Protein mempunyai fungsi untuk memperbaiki jaringan sel atau saraf yang sudah rusak, yang bisa diperoleh dari telur ayam ataupun sumber hewani dan nabati lainnya.

Sedangkan dalam kasus ginjal bocor penderita mempunyai pantangan konsumsi telur. Sebab ketika ginjal mengalami kerusakan atau gangguan memerlukan istirahat, dan mengkonsumsi telur bisa memacu ginjal untuk bekerja keras sehingga akan memperburuk kondisi.

  1. Mudah Merasa Lelah

Masalah atau efek samping lain ketika seseorang mengalami kebocoran ginjal yaitu mudah merasa lelah.

Hal itu terjadi karena kemampuan tubuh seseorang dalam mempertahankan keadaannya sudah menurun, dan itulah yang dirasakan oleh penderita ginjal bocor.

  1. Tubuh Membengkak

Tubuh membengkak yang dialami oleh penderita ginjal bocor disebabkan karena penumpukan cairan yang berlebih. Hal ini terjadi karena ginjal tidak mampu untuk menyaring cairan tersebut secara optimal.

Beberapa organ tubuh akan membengkak seperti: pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan pada bagian wajah.

  1. Mudah terkena Infeksi

Tanda-tanda infeksi pada ginjal bocor adalah perubahan pada urine yang berbuasa dan berbuih. Infeksi itu dapat terjadi karena adanya bakteri maupun virus.

Seorang penderita ginjal bocor sangat rentan terkena infeksi, karena dasarnya tubuh mereka sudah mulai lemah untuk melawan patogen dari luar yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Timbul Masalah Pencernaan

Ginjal bocor juga akan mempengaruhi pada sistem kerja pencernaan di dalam tubuh. Sebab biasanya ginjal yang mengalami kebocoran akan mengganggu pada organ pencernaan.

Beberapa masalah pencernaan yang ditimbulkan oleh ginjal bocor antara lain: diare, mual, dan muntah.

  1. Kondisi Kesehatan Menurun

Tidak dapat dipungkiri jika seseorang yang mengalami gangguan pada salah satu organ dalam seperti ginjal akan menyebabkan kesehatan pada tubuh menurun.

Hal tersebut tentu akan memberikan dampak negatif pada kehidupan sehari-hari, terutama dalam melakukan aktivitas.

Penjelasan diatas merupakan beberapa efek samping dari penyakit ginjal bocor. Hal itu sangat penting diketahui karena berkaitan dengan kesehatan.

Untuk itu, diharapkan setiap orang tetap menjaga kesehatannya dengan cara olahraga teratur dan menjaga pola hidup sehat.

Posted by beritaharianmu.com 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp