Efek Konsumsi Telur Bagi Penderita Asam Urat

Efek Konsumsi Telur Bagi Penderita Asam Urat – Telur adalah jenis makanan yang sudah tidak asing lagi ada di meja makan. Protein pada telur sangat bagus bila dikonsumsi. Tapi apa jadinya bila telur dikonsumsi oleh penderita asam urat?

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena kelebihan zat purin di dalam tubuh. Purin sendiri biasanya akan didapatkan dari sejumlah makanan. Jadi Anda harus bisa menjaga pola hidup, jangan makan sembarangan.

Makanan dan minuman yang mengandung banyak purin di antaranya daging merah, jeroan, alkohol, soda dan masih banyak lagi. Lantas bagaimana dengan telur, apakah bisa berbahaya bagi penderita asam urat jika dikonsumsi? Temukan jawabannya berikut ini.

Efek Konsumsi Telur Bagi Penderita Asam Urat

Efek Konsumsi Telur Bagi Penderita Asam Urat

Penderita asam urat memang sangat dipengaruhi oleh zat purin. Purin merupakan senyawa yang tak akan berbahaya untuk tubuh bila kadarnya masih normal. Tapi akan sangat berbahaya bila kadarnya melebihi batas normal.

Kandungan purin dalam telur sebanyak 130,7/100 gram. Angka tersebut cukup aman bila dikonsumsi oleh penderita asam urat. Tapi ingat jangan berlebihan konsumsi telur. Anda bisa mengonsumsi 1 butir telur saja perhari.

Telur cukup bermanfaat untuk penderita asam urat. Di mana kuning telur mengandung lesitin yang bisa mengikat lemak darah yang berlebihan. Diketahui kelebihan lemak dalam darah menjadi salah satu pemicu kadar asam urat meningkat dalam tubuh.

Di samping itu, kuning telur juga mengandung lutein yang berperan sebagai antioksidan yang mampu meredam berbagai serangan radikal bebas akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Lutein juga bisa membantu menetralisir rasa nyeri di persendian akibat penumpukan kadar asam urat.

Cara Konsumsi Telur untuk Penderita Asam Urat

  • Konsumsi telur cukup 1 kali dalam sehari
  • Hindari pengolahan telur dengan cara digoreng, lantaran cara olah tersebut bisa merusak kandungan nutrisi yang terdapat di dalam telur. Sebagai rekomendasi, olah telur dengan cara direbus.
  • Dalam merebus juga jangan terlalu lama supaya kandungan nutrisi didalamnya tidak terganggu dan bisa diserap oleh sel tubuh dengan baik.

Nah itulah Efek Konsumsi Telur Bagi Penderita Asam Urat. Anda yang saat ini menderita asam urat masih bisa mengonsumsi telur asalkan tidak berlebihan. Anda bisa menerapkan cara konsumsi telur di atas, agar nutrisi pada telur bisa diperoleh dengan baik. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp