Daftar Makanan Pembersih Hati untuk Menyembuhkan Liver

Daftar Makanan Pembersih Hati untuk Menyembuhkan Liver

Daftar Makanan Pembersih Hati untuk Menyembuhkan Liver – Hati merupakan salah satu organ yang harus menjalankan banyak sekali peran vital. Jadi sudah seharusnya Anda menjaga kesehatan hati. Sayangnya kita mudah terjerumus mengikuti gaya hidup tak sehat yang berdampak dan memberatkan kinerja hati. Ini membuat hati tidak bisa memproses toksin dan lemak sebagaimana mestinya.

Daftar Makanan Pembersih Hati untuk Menyembuhkan Liver

Bila terus menerus seperti itu lama-lama Anda tak hanya akan menderita penyakit hati atau liver, tapi juga akan mudah mengalami obesitas, penyakit kardiovaskular, kelelahan kronis, masalah pencernaan, sakit kepala, alergi dan berbagai masalah kesehatan lain.

Beruntung alam menyediakan banyak sekali makanan pembersih hati guna memulihkan dan mendetoksifikasi ogran hati. Bila rutin mengkonsumsinya, kesehatan hati dan juga fungsinya dapat terjaga seoptimal mungkin. Nah, berikut adalah beberapa makanan sehat untuk hati yang bisa Anda coba konsumsi di rumah.

  • Bawang putih

Bawang putih cukup efektif untuk membersihkan hati. Bawang putih dapat mengaktifkan enzim dalam hati yang membantu mengeluarkan toksin. Allicin dan selenium yang terkandung dalam bawang putih juga mendukung proses pembersihan hati dan melindungi hati dari berbagai kerusakan akibat toksin.

Satu lagi, bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang bila berlebihan bisa memperberat kinerja hati serta menghambat fungsinya. Untuk menjaga kesehatan organ hati, konsumsi bawang putih mentah segar, bukan yang sudah dicincang, diolah atau dijadikan bubuk.

  • Akar Bit

Akar bit adalah makanan sehat untuk hati yang bisa membersihkan serta mendukung fungsi hati. Bit kaya akan kandungan flavonoid dan beta karoten yang bisa menstimulasi dan memperbaiki fungsi hati secara menyeluruh. Bit juga bisa menjadi pembersih darah alami.

  • Lemon

Antioksidan D-Limonene pada lemon bisa membantu mengaktifasi enzim enzim dalam hati yang mendukung detoksifikasi. Selain itu, lemon juga mengandung vitamin C yang bisa membantu hati menghasilkan lebih banyak enzim-enzim pencernaan.

  • Alpukat

Alpukat juga termasuk makanan sehat untuk hati lantaran mengandung zat kimia alami kuat yang bisa mengatasi kerusakan hati. Glutation pada alpukat adalah senyawa yang dibutuhkan hati untuk membersihkan toksin-toksin berbahaya dan agar bisa berfungsi secara optimal. Konsumsi 1-2 buah alpukat tiap minggu selama beberapa bulan untuk memulihkan kerusakan yang terjadi pada hati.

  • Kunyit

Bahan alami yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai pembersih hati. Kunyit bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam mencerna lemak. Kurkumin pada kunyit mampu membangkitkan proses pembentukkan enzim detoksifikasi hati bernama gulattin S-transferase. Hal ini membantu regenerasi sel hati yang rusak.

Bila Anda belum pernah atau kurang mengkonsumsi beberapa makanan sehat untuk hati diatas, sebaiknya mulai rutin untuk mengonsumsinya. Ganti menu makanan yang kurang sehat dengan makanan makanan pembersih hati demi kesehatan jangka panjang.

Disamping memperbaiki pola makan Anda juga harus menjaga kesehatan hati dengan rutin berolahraga supaya berat badan Anda tetap terkendali. Batasi, jika perlu hindari mengonsumsi alkohol karena bisa merusak sel hati dan memicu pembengkakan yang bisa menyebabkan sirosis hati.

Ingat jika hati sehat, bukan hanya penyakit liver yang bisa dicegah melainkan juga penyakit yang berkaitan dengan jantung dan juga pembuluh darah, alergi, masalah pencernaan serta berbagai masalah kesehatan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Posted by beritaharianmu.com

Daftar Makanan Pembersih Hati untuk Menyembuhkan Liver

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp