Daftar Buah yang Harus Dihindari Saat Batuk

Daftar Buah yang Harus Dihindari Saat Batuk

Daftar Buah yang Harus Dihindari Saat Batuk – Mengonsumsi buah segar disaat sedang batuk adalah aktivitas yang cukup menyenangkan serta menyehatkan. Tetapi, berhati-hatilah pada beberapa buah. Karena ada beberapa buah yang bisa memperparah gejala batuk.

Daftar Buah yang Harus Dihindari Saat Batuk

Setidaknya, ada beberapa buah yang harus diwaspadai saat batuk. Terutama buah yang memiliki kandungan asam sitrat. Buah yang harus dihindari saat batuk ini baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, buah tersebut mempunyai reaksi histamin. Batuk yang disebabkan karena reaksi alergi tak boleh mendapatkan asupan histamin. Lantaran bisa memperparah kondisi penderitanya. Berikut merupakan Daftar Buah yang Harus Dihindari Saat Batuk.

  • Jeruk

Berbagai jenis jeruk tergolong ke dalam kelompok buah citrus yang harus diwaspadai. Buah jeruk memang banyak mengandung vitamin C, tetapi asam sitrat pada buah jeruk juga cukup tinggi.

Asam sitrat pada jeruk, bisa memunculkan rasa gatal di tenggorokan sehingga perlu diwaspadai. Sementara pendapat lainnya mengatakan bahwa jeruk bagus dikonsumsi oleh penderita batuk untuk melegakan tenggorokan. Jadi pendapat manakah yang benar? Coba tanyakan pada dokter pribadi Anda.

  • Mangga

Buah yang satu ini diketahui bisa memperburuk kondisi sistem pernapasan saat batuk atau pilek. Terlebih jika getah mangga masuk ke dalam tenggorokan. Getah mangga memiliki sifat ‘iritan’ yang bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Itulah alasan mengapa buah mangga disebut buah yang tak boleh dimakan ketika batuk.

  • Nanas

Nanas bisa meningkatkan produksi histamin. Peningkatan histamin ini akan berdampak pada keluarnya dahak atau lendir dalam jumlah yang jauh lebih banyak. Maka, bagi penderita batuk yang susah mengeluarkan dahak, buah yang satu ini bisa menyiksa Anda. Mengingat, produksi dahak atau lendir meningkat tapi Anda susah untuk mengeluarkannya.

  • Pisang

Sama seperti jeruk, ternyata beberapa jenis buah pisang juga mengandung asam sitrat yang lumayan tinggi. Rasa gatal akibat batuk kering atau batuk berdahak bisa semakin kuat. Karena itulah pisang tak boleh dikonsumsi saat batuk.

  • Stroberi

Stoberi adalah salah satu buah yang disukai banyak orang. Bahkan beberapa obat batuk anak menyajikan citarasa stoberi. Tapi, ada pendapat yang mengatakan bahwa stoberi adalah buah yang harus dihindari ketika batuk. Hal ini dikarenakan stoberi mengandung asam sitrat.

Demikian informasi tentang Daftar Buah yang Harus Dihindari Saat Batuk. Bila Anda mempunyai gangguan refluks asam lambung serta alergi, ada baiknya berhati-hati terhadap buah-buahan di atas. Mengkonsumsi buah yang dilarang ketika batuk bisa memperparah kondisi kesehatan Anda.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp