Ciri-ciri Keputihan Tidak Normal dan Cara Mencegahnya

Ciri-ciri Keputihan Tidak Normal dan Cara Mencegahnya

Ciri-ciri Keputihan Tidak Normal dan Cara Mencegahnya – Keputihan memang sering menjadi keluhan bagi kaum wanita. Keputihan yang keluar terlalu banyak dan berbau sering menyebabkan timbul rasa tidak nyaman. Padalah sebenarnya keputihan ini merupakan suatu tanda sehat atau tidaknya organ intim wanita.

Ciri-ciri Keputihan Tidak Normal dan Cara Mencegahnya

Keputihan adalah kondisi normal yang pasti dialami oleh semua wanita yang telah memasuki usia subur. Namun, dalam beberapa kasus kondisi ini bisa terjadi secara tidak normal yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Menurut dr. Fiona Amelia, ia berpendapat jika keputihan adalah proses keluarnya cairan dari dalam vagina, dimana cairan tersebut membawa sejumlah sel dan bakteri mati.

Oleh sebab itu, keputihan ini sering dianggap salah satu mekanisme pembersihan pada sistem reproduksi wanita. Lalu, seperti apa ciri-ciri Keputihan Normal?

  • Cairan yang keluar pada keputihan normal mempunyai warna bening sampai berwarna putih keruh, tidak menimbulkan bau, dan keluhan gatal maupun rasa tidak nyaman.
  • Ketika seorang wanita mengalami peningkatan gairah seksual, masa ovulasi, keaadaan hamil atau menyusui, cairan keputihan yang keluar cenderung akan menjadi lebih kental dari biasanya.

Dan seperti apa ciri-ciri Keputihan Tidak Normal yang perlu diwaspadai?

Menurut Dr. Alvin Nursalim, ia mengatakan jika pada kondisi keputihan tidak normal, cairan yang keluar dari dalam vagina mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1. Cairan Menggumpal

Jika cairan keputihan yang keluar dari dalam vagina menggumpal, maka hal tersebut bisa menjadi suatu pertanda adanya infeksi jamur.  Bahkan dalam kasus yang parah, gumpalan tersebut bisa menyerupai seperti lelehan keju, bersifat gatal, menyebabkan timbulnya sensasi panas, dan terasa nyeri sesudah berkemih maupun ketika berhubungan seksual.

2. Cairan Berbau

Cairan keputihan yang menimbulkan bau bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual, infeksi jamur ataupun bakteri. Keputihan yang disebabkan oleh beberapa penyebab tersebut juga bisa menimbulkan gatal, perih, kemerahan, bahka hingga bengkak pada vagina.

3. Cairan mengalami perubahan Warna

Selain bisa menimbulkan cairan menggumpal, dan bau tidak sedap, pada kasus keputihan tidak normal juga bisa menyebabkan keluarnya cairan yang bisa berubah warna.  Seperti menjadi berwarna hijau, merah muda, kuning, atau cokelat. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, atau gangguan pada rahim dan kanker.

Bagaimana Cara Mencegah Keputihan Normal tersebut?

Jika Anda mengalami masalah keputihan tidak normal, sebaiknya Anda bertanya dan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Dimana nantinya dokter akan mendeteksi riwayat kesehatan vagina Anda. Karena pada dasarnya keputihan bisa diobati tergantung pada akar permasalahannya.

Namun selain itu, Anda juga bisa melakukan pencegahan dengan melakukan beberapa cara berikut:

  • Anda harus sering mengganti celana dalam, terutama jika area sekitar vagina Anda sering berkeringat atau terasa lembap.
  • Selain itu, Anda juga perlu menghindari penggunaan celana yang terlalu ketat dan tidak bisa menyerap keringat.
  • Jika perlu, gunakan juga pantyliner, dan jangan lupa untuk menggantinya setiap 3 jam sekali.
  • Lakukan cara membilas vagina dengan benar, yaitu mulai dari arah depan hingga belakang. Lalu seka dengan menggunakan handung bersih hingga benar-benar kering.
  • Cara terakhir yang perlu Anda lakukan adalah jauhi produk pembersih vagina yang bisa mengubah tingkat keasaman dan struktur bakteri di area vagina.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah keputihan tidak normal. Namun jika Anda sudah melakukan semua cara diatas masih mengalami keputihan tidak normal, jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Jangan pernah anggap sepele masalah ini, karena bisa mempengaruhi pada kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Posted by beritaharianmu.com | Ciri-ciri Keputihan Tidak Normal dan Cara Mencegahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp