Ciri Ciri Kanker Ginjal

Ciri Ciri Kanker Ginjal – Tahukah Anda, bahwa efek buruk dari kanker ginjal kerapkali mendatangkan komplikasi yang lebih serius? Disamping itu, agar Anda tidak salah mengira antara penyakit biasa dengan penyakit kanker ginjal. Anda perlu memahami apa ciri ciri kanker ginjal.

Ciri Ciri Kanker Ginjal

Dengan memahami ciri ciri kanker ginjal, maka tanda-tanda kanker ginjal bisa mudah dikenali. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui ciri ciri kanker ginjal yang perlu diperhatikan. Apa saja itu?

Ciri Ciri Kanker Ginjal

Pada tahap awal, kanker ginjal mungkin tidak akan memperlihatkan ciri ciri khusus. Karena itu, biasanya kanker baru akan dirasakan ciri cirinya setelah mencapai tahap menengah hingga stadium lanjut. Pada tahap tahap tersebut, ciri ciri kanker ginjal yang sering terlihat di antaranya:

  • Urin berdarah atau hematuria

Hematuria bisa diketahui dari perubahan warna urin. Apabila warna urin terlihat berwarna merah muda, kemerahan atau berwarna coklat boleh jadi Anda mengalami gejala urin berdarah atau hematuria. Ini terjadi karena urin sudah dicampuri sel darah merah akibat peradangan yang terjadi pada ginjal atau sel kanker sendiri.

Biasanya hematuria tidak dibarengi dengan rasa nyeri tapi jika sel darah merah menggumpal akan sangat menyakitkan. Hematuria dapat diawali dengan nyeri perut bagian bawah, susah buang air kecil atau bahkan frekuensi buang air kecil meningkat.

  • Sakit pinggang

Rasa nyeri yang terus menerus pada sisi tubuh tepat dibawah tulang rusuk bisa menjadi salah satu ciri kanker ginjal. Lokasinya disekitar pinggang tempat di mana ginjal berada. Rasa nyeri tersebut dapat menjadi ciri dari berbagai jenis penyakit ginjal lainnya sehingga pemeriksaan medis perlu dilakukan.

  • Benjolan (di kedua sisi tubuh)

Adanya benjolan dikedua sisi tubuh dapat menandakan adanya pembengkakan di ginjal yang menjadi salah satu ciri kanker ginjal. Adanya benjolan tersebut bisa berawal dari kista yang timbul di ginjal kemudian berkembang menjadi kanker.

Ketika masih berbentuk kista, sifatnya tak begitu ganas dan sama sekali tidak memunculkan komplikasi. Tapi saat sudah menjadi kanker, sifatnya berubah menjadi ganas serta sangat menyiksa.

  • Anemia serta berat badan menurun

Salah satu ciri kanker ginjal lainnya adalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal tersebut bisa sebabkan kelelahan yang sangat berkepanjangan. Mengapa bisa terjadi? Umumnya, sifat kanker adalah menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang dibawa sel darah merah. Sehingga, terjadilah anemia yang sebabkan kelelahan yang sangat ekstrim tersebut.

Ciri kanker ginjal lainnya adalah berat badan menurun yang terjadi serupa dengan sel kanker menyerap nutrisi dalam darah. Selain darah, sel kanker yang ada di dalam ginjal dan sekitarnya juga membutuhkan asupan lainnya seperti lemak dan protein untuk terus bertahan hidup. Karena keperluan tubuh akan cadangan energi telah berkurang, maka terjadilah penurunan berat badan.

  • Tekanan darah tinggi

Bila sel kanker menghambat saluran peredaran darah, maka terjadilah tekanan darah tinggi. Di mana sel darah berupaya menerobos jalur yang sempit di saluran peredaran darah untuk mengangkut oksigen dan juga nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Ciri kanker ginjal yang satu ini dapat disertai dengan demam dan peningkatan suhu tubuh sampai 38ºC bahkan lebih. Ketika mengalami demam, tentu tubuh akan berupaya menurunkan suhu tubuhnya yang tinggi tersebut dengan cara membuang keringat di malam hari.

Itulah Ciri Ciri Kanker Ginjal yang harus diketahui. Di antara ciri ciri kanker ginjal di atas, yang paling harus diwaspadai yaitu gejala munculnya rasa nyeri atau benjolan pada ginjal. Semoga informasinya bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp