Catat, 7 Makanan Ini Bisa Memicu Stroke

Catat, 7 Makanan Ini Bisa Memicu Stroke

Catat, 7 Makanan Ini Bisa Memicu Stroke – Stroke masih menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Anda dan siapapun bisa terkena stroke jika tidak memperhatikan faktor risiko penyakit tersebut, seperti gaya hidup yang tidak sehat.

Stroke terjadi saat suplai oksigen dan nutrisi ke dalam otak terganggu akibat pembuluh darah di dalam otak tersumbat atau pecah. Penyebab utama stroke sendiri yaitu akibat adanya sumbatan plak di dalam pembuluh darah yang disebabkan kareba penderita mempunyai kolesterol tinggi, darah tinggi, dan diabetes.

Catat, 7 Makanan Ini Bisa Memicu Stroke

Untuk mencegah stroke, Anda perlu memperhatikan pola makan sehari-hari. Hindari 7 jenis makanan ini untuk meminimalkan risiko stroke:

  1. Makanan yang mengandung Lemak Jahat

Lemak jahat yang tedapat di dalam makanan terdiri atas lemak jenuh dan lemak trans. Keduanya bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Jika hal ini tidak segera ditangani maka akan menimbulkan penumpukan plak di dalam pembuluh darah jantung dan otak.

Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak jahat yaitu daging merah, susu, produk susu, dan makanan yang digoreng.

  1. Makanan Tinggi Garam

Makanan yang mengandung tinggi garam bisa memicu terjadinya peningkatan tekanan darah karena mengandung natrium. Usahakan untuk mengkonsumsi garam secukupnya tidak lebih dari 1 sendok makan perhari.

  1. Makanan Tinggi Gula

Pastikan Anda tidak mengkonsumsi gula lebih dari 4 sendok makan perhari. Karena makanan yang tinggi gula bisa merusak pembuluh darah, yang akhirnya bisa mendatangkan stroke.

  1. Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol bisa meningkatkan tekanan darah dan gangguan pembekuan darah. Kondisi itu akan menambah risiko terjadinya stroke.

  1. Makanan Instan

Makanan instan biasanya memiliki kandungan lemak jenuh, tinggi garam, dan tinggi kolesterol. Dimana ketiga komponen tersebut bisa mengundang stroke.

  1. Makanan Kaleng

Makanan kaleng memiliki kandungan garam, penyedap makanan, pengawet, dan sodium. Semua kandungan tersebut bisa menyebabkan stroke.

  1. Minuman Bersoda

Dibalik nikmatnya minuman bersoda, tersimpan bahaya yang mengintai dari kadar gula di dalam nya. Minuman bersoda biasanya memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Mengkonsumsi minumam ini secara terus-menerus bisa menyebabkan pembuluh darah di dalam tubuh menjadi rusak.

Itulah daftar makanan pemicu stroke yang harus dihindari. Jika bukan kita yang menjaga kesehatan kita, siapa lagi? Mulai dari sekarang ayo terapkan pola makan sehat dan pola hidup sehat agar hidup menjadi lebih berkualitas.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp