Cara Mudah Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Koroner

Cara Mudah Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Koroner

Cara Mudah Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Koroner – Jantung koroner merupakan jenis penyakit berbahaya di dunia. Penyakit jantung koroner muncul karena saluran arteri yang berfungsi membawa oksigen menuju jantung terhambat.

Cara Mudah Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Koroner

Alhasil, jantung tak mendapatkan pasokan oksigen yang memadai. Padahal seperti yang kita ketahui, jantung memegang peranan yang paling penting bagi tubuh manusia. Agar Anda bisa terhindar dari jantung koroner, tentu Anda harus bisa mengurangi resikonya.

Kurangi resiko terkena penyakit jantung koroner dengan membiasakan gaya hidup sehat supaya penyakit berbahaya ini tidak hinggap di tubuh. Berikut adalah gaya hidup sehat yang harus Anda biasakan.

  • Jalan Kaki dan Lari Pagi

Berjalan kaki atau lari dipagi hari sangat bagus untuk kesehatan jantung Anda. Cukup lakukan selama 30 menit bisa membantu kurangi resiko terkena penyakit jantung koroner dan tentunya bisa membantu menurunkan berat badan.

  • Hindari Rokok

Rokok adalah salah satu musuh bebuyutan jantung. Lantaran asap rokok memiliki banyak kandungan berbahaya yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner. Selain itu, rokok juga ternyata bisa memicu kanker.

  • Kurangi Makan Daging Merah¬†

Daging kaya akan kolesterol yang dapat menyumbat saluran arteri. Saluran arteri yang tersumbat tersebut akibatkan munculnya penyaktit jantung koroner. Sebab itulah, Anda harus berhati-hati saat mengkonsumsi daging.

Anda bisa mengganti daging dengan ikan laut atau makanan yang kaya protein lainnya seperti putih telur. Mengonsumsi makanan kaya protein dipercaya bagus untuk kesehatan jantung. Atau jika memang Anda ingin sekali makan daging, konsumsilah bersama kentang atau makanan berserat lainnya.

Serat dipercaya bisa membantu menjaga kadar gula darah serta bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini akan membuat arteri sehat sehingga mampu kurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

  • Banyak Tertawa dan Bersyukur

Sering bersyukur ternyata membantu tubuh menjadi lebih tenang sehingga tak ada lagi perasaan tidak nyaman yang bisa memicu ketidaknormalan dalam tubuh seperti stress dan depresi. Ketika depresi, jumlah hormon dalam tubuh bisa meningkat serta mengancam kesehatan jantung.

Bahkan menurut riset, orang yang sering bersyukur bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner hingga 9%. Disamping itu, sering tertawa juga bisa menghasilkan efek yang bagus untuk tubuh. Rasa depresi yang berpotensi mengganggu kesehatan jantung bisa menghilang.

  • Rutin Membersihkan Gigi

Menyikat gigi secara teratur bagus untuk kesehatan jantung. Bakteri yang tersembunyi cukup berbahaya karena saat terjadi infeksi pada gusi bisa berimbas pada organ jantung. Jadi bersihkan gigi Anda secara teratur.

Selain 5 hal diatas, mencegah resiko terkena penyakit jantung koroner juga bisa dilakukan dengan menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Jangan sampai, hidup Anda hanya berfokus pada pekerjaan. Luangkan waktu bersama orang tersayang ternyata manfaatnya sangat besar.

Tercukupinya waktu tidur pun juga berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Tidur selama 6-8 jam sehari sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan kebutuhan tidur yang tercukupi, maka tubuh bisa menjadi lebih segar dan hal ini tentu saja bisa mencegah risiko terkena penyakit jantung koroner.

Posted by beritaharianmu.com

Cara Mudah Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Koroner

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp