Cara Mudah Mengatasi Bronkitis Kronis

Cara Mudah Mengatasi Bronkitis Kronis

Cara Mudah Mengatasi Bronkitis Kronis – Seseorang yang idap peradangan di saluran bronkus yang membawa udara ke paru paru berarti mengidap penyakit bronkitis kronis. Bronkitis kronis adalah salah satu jenis penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK yang cukup mematikan.

Cara Mudah Mengatasi Bronkitis Kronis

Para pengidap bronkitis biasanya akan mengalami batuk berdahak, mengi dan sesak napas. Meski pengobatan sudah dilakukan, pengidap bronkitis kronis mungkin tidak sepenuhnya dapat terbebas dari jenis penyakit tersebut.

Untuk meringankan kondisi pengidap bronkitis kronis, beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan.

  • Berhenti Merokok

Salah satu faktor risiko utama terserang bronkitis kronis yaitu merokok. Sekitar 9 dari 10 orang yang terserang bronkitis kronis yaitu mereka yang sering terpapar asap rokok atau mereka yang memiliki riwayat pernah merokok.

Jika perokok sudah mengalami batuk yang berlangsung lama, maka hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa paru paru sudah rusak. Dan kerusakan yang terjadi, kemungkinan tidak dapat disembuhkan sepenuhnya.

  • Berolahraga Secara Teratur

Keuntungan berolahraga secara teratur yaitu memperkuat otot-otot yang bisa membantu proses pernafasan. Bila sudah lama tak berolahraga, mulailah kembali dari yang paling ringan dengan frekuensi yang tidak sering serta durasi yang singkat.

Bila ingin berolahraga khusus untuk memperbaiki kualitas paru paru. Maka program rehabilitasi paru dapat menjadi pilihan. Latihan ini memerlukan seorang ahli pernapasan. Untuk tahu lebih jelas tentang program ini, Anda bisa bertanya pada dokter.

  • Upayakan Menjaga Kelembapan Ruangan

Karena pengidap bronkitis kronis seringkali mengalami sesak napas, maka buatlah suhu ruangan di dalam rumah menjadi nyaman untuk mereka. Yaitu dengan cara mengoperasikan pelembap ruangan. Sebaiknya, kamar tidur pengidap bronkitis kronis mendapat prioritas utama untuk menggunakan pelembap ruangan. Pastikan mesin pelembap ruangan yang digunakan dibersihkan secara rutin.

  • Menjaga Berat Badan agar tetap Ideal dengan Mengonsumsi Makanan Sehat serta Terjadwal

Kesulitan bernafas yang dialami oleh pengidap bronkitis kronis dapat merembet pada hilangnya selera makan. Ini dapat berakibat pada susahnya meningkatkan berat badan untuk yang membutuhkannya.

Meski tentunya, berat badan yang berlebihan juga dapat menyebabkan susah bergerak, ganggu fungsi kerja paru paru dan membahayakan jantung.

Untuk mengimbangi hal ini, maka pengidap bronkitis kronis harus pandai dalam memilih makanan sehat untuk dikonsumsi. Makanan sehat yang dapat dijadikan pilihan para penderita bronkitis kronis adalah ikan, daging tanpa lemak dan susu rendah lemak.

  • Mengimbangi Aktivitas Harian dengan Kecukupan Waktu Istirahat

Mereka yang idap PPOK pada dasarnya memerlukan lebih banyak tenaga untuk bernapas. Pengidap bronkitis kronis yang merupakan salah satu jenis dari PPOK mungkin bisa menghabiskan energi 10x lipat lebih banyak dibandingkan orang yang mempunyai paru paru sehat. Yang paling penting, mereka harus tahu seberapa banyak aktivitas yang diperlukan supaya stamina tetap terjaga.

Beberapa hal juga harus diperhatikan oleh pengidap bronkitis kronis dalam melakukan aktivitas harian. Dianjurkan menghindari paparan polusi baik dalam bentuk asap ataupun debu. Sebaiknya, penderita juga menghindari orang-orang yang sedang menderita pilek.

Nah itulah Cara Mudah Mengatasi Bronkitis Kronis. Bagaimana, caranya cukup mudah bukan? Selamat mencoba!

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp