Cara Mudah Mencegah Demam Tifoid

Cara Mudah Mencegah Demam Tifoid

Cara Mudah Mencegah Demam Tifoid – Di beberapa negara berkembang seperti Indonesia, untuk bisa mendapatkan air minum yang bersih, sanitasi dan juga perawatan medis yang memadai bisa sangat susah dicapai.

Cara Mudah Mencegah Demam Tifoid

Padahal ketiganya sangat diperlukan untuk mencegah penyakit demam tifoid. Itulah alasannya mengapa banyak pakar kesehatan yang percaya bahwa vaksinasi adalah cara terbaik untuk menekan penularan penyakit demam tifoid di negara berkembang.

Jika Anda akan berpergian ke tempat di mana demam tifoid sedang mewabah. Sebaiknya, lakukan vaksinasi tifoid terlebih dahulu. Ada dua pilihan vaksin berupa injeksi atau kapsul yang diminum. Konsultasikan pada dokter tentang pilihan vaksin terbaik untuk Anda.

Namun kedua vaksin ini tidak 100% efektif mencegah demam tifoid. Dibutuhkan imunisasi berulang karena keefektifan dari vaksin bisa memudar dari waktu ke waktunya. Karena vaksin tidak dapat memberi perlindungan yang sempurna, mari ikuti langkah-langkah mencegah demam tifoid berikut ini..

  • Cuci tangan berulang kali

Mencuci tangan berulang kali merupakan cara terbaik untuk menghindari penularan bakteri. Cuci tangan secara menyeluruh menggunakan air panas serta sabun, terutama sebelum makan atau saat sedang menyiapkan makanan serta setelah memakai toilet. Siapkan hand sanitizer berbahan dasar alkohol guna berjaga-jaga bila air bersih tak ada.

  • Jangan mengonsumsi air yang tampak kotor

Usahakan mengonsumsi air dalam kemasan atau air berkarbonasi. Sebelum membukanya, bersihkan bagian luar botol. Jangan menambahkan es batu kedalam minuman, lantaran bisa saja es batu tersebut adalah air yang sudah terkontaminasi.

  • Hindari buah serta sayuran mentah

Hal ini karena bisa jadi buah dan sayur mentah dicuci menggunakan air yang terkontaminasi. Khususnya, hindari mengonsumsi buah atau sayur yang tak dapat dikupas seperti selada.

  • Konsumsi makanan saat masih panas atau hangat

Makanan yang dikukus panas merupakan makanan yang paling aman.


Jika Anda tengah dalam masa pemulihan dari demam tifoid, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk bisa membantu agar Anda tidak menularkannya kepada orang-orang disekitar Anda.

  • Sering cuci tangan

Langkah yang satu ini cukup efektif untuk mencegah Anda menularkan penyakit kepada orang lain. Pakai air bersih yang mengalir serta sabun untuk cuci tangan selama 30 detik terutama sebelum makan dan setelah memakai toilet.

  • Bersihkan berbagai perlengkapan rumah tangga

Bersihkan semua yang ada di rumah Anda termasuk toilet, gagang telepon, gagang pintu dan keran air setidaknya 1x sehari dengan menggunakan cairan pembersih.

  • Jangan makan menggunakan tangan

Maksudnya, jangan mengonsumsi makanan menggunakan tangan secara langsung. Selain itu, jangan dulu menyiapkan makanan untuk orang lain hingga dokter memastikan Anda sembuh total dan tak lagi menularkan penyakit.

  • Pisahkan barang pribadi

Pisahkan barang pribadi seperti sprei, handuk dan peralatan makan yang digunakan. Cuci benda benda tersebut menggunakan air panas dan sabun.

Demikian cara mudah mencegah demam tifoid. Keberhasilan pengendalian penularan demam tifoid ini akan bergantung pada seberapa besar usaha Anda dalam menjaga kebersihan pribadi serta makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp