Cara Mudah Mencegah Batu Ginjal

Cara Mudah Mencegah Batu Ginjal

Cara Mudah Mencegah Batu Ginjal – Batu ginjal adalah jenis penyakit yang cukup lazim menyerang orang dewasa. Batu ginjal sendiri dapat terbentuk dari sejumlah materi mulai dari endapan dan pengerasan purin, pengerasan kalsium dan juga oksalat, batu sruvit dan batu sistin. Umumnya, batu-batu tersebut adalah proses panjang akibat dari gaya hidup dan pola makan yang tidak tepat.

Cara Mudah Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal dapat menyakitkan jika ukuran batunya sudah besar hingga sebabkan kontak dengan dinding ginjal dan juga dinding ureter yaitu saluran kencing. Pergeseran tersebut dapat memunculkan iritasi hingga akibatkan perdarahan di ginjal atau di ureter. Sebetulnya, Anda dapat mencegah batu ginjal terbentuk dengan menerapkan beberapa langkah sederhana.

Pastinya pencegahan jauh lebih baik daripada pengobatan. Terlebih bagi mereka yang pernah mengalami batu ginjal sebelumnya dapat mengalami kembali kondisi yang sama jika tidak segera melakukan pencegahan. Adapun cara-cara mencegah batu ginjal antara lain:

  • Pastikan kebutuhan minum Anda tercukupi

Masalah minum serta kadar hidrasi tubuh merupakan sebuah keharusan untuk setiap orang. Dan sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa memang saat seseorang sudah terbiasa kurang minum dalam jangka panjang bisa tingkatkan resiko masalah ginjal di kemudian hari. Demikian juga jika Anda berhadapan dengan batu ginjal. Anda harus memastikan asupan minum tercukupi setiap harinya.

Dengan asupan minum yang cukup, setidaknya dua liter per hari. Maka, Anda bisa menghasilkan urin yang cukup untuk dapat membawa endapan residu yang terdapat di dalam ginjal.

  • Kurangi garam

Mereka yang biasa mengkonsumsi makanan berkadar garam tinggi diketahui lebih rentan terkena masalah batu ginjal. Hal ini karena salah satu komponen garam yaitu sodium ternyata memengaruhi peningkatan eksresi kalsium dalam urin yang menjadi salah satu penyebab terbentuknya batu ginjal.

  • Jangan berlebihan konsumsi suplemen vitamin C

Suplemen vitamin C umumnya adalah bentuk murni vitamin C sebagai asam askorbat. Nah, masalahnya ternyata asam askorbat yang berlebihan dapat meningkatkan ekskresi dari oksalat dalam urin yang akibatkan terbentuknya batu ginjal.

  • Kurangi asupan makanan sumber oksalat

Menurut beberapa sumber, kebanyakan kasus batu ginjal berbentuk batu oksalat kalsium. Batu ginjal tersebut terbentuk dari proses pemadatan dari endapan oksalat yang bercampur dengan kalsium. Semakin banyak kadar oksalat dalam urin maka semakin besar pula peluang seseorang mengalami batu ginjal.

Bukannya melarang Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung oksalat lantaran faktanya makanan-makanan tersebut mempunyai nilai nutrisi tinggi. Hanya untuk Anda yang mempunyai kerentanan tinggi perlu membatasinya. Makanan sumber oksalat sebetulnya banyak seperti bayam, sawi pakcoy, kangkung, brokoli, selada air, asparagus, berbagai jenis buah dan coklat.

  • Konsumsi cukup kalsium

Mengkonsumsi kalsium rupanya bisa mengurangi resiko seseorang terkena masalah batu ginjal. Kalsium yang cukup bisa mengikat oksalat dalam tubuh dan tulang sehingga tidak akan masuk ke dalam ginjal.

  • Tambah asupan magnesium

Magnesium berperan penting untuk mencegah batu ginjal. Magnesium dibutuhkan dalam proses pembentukan tulang otot dan juga pembentukan energi. Saat bekerja pada tulang, maka kinerjanya bersatu dengan kalsium dan juga oksalat sehingga dengan menambah magnesium akan makin banyak oksalat yang tak lepas dan terlarut di dalam urin.

Beberapa pakar masih mencoba meneliti lebih lanjut bagaimana magnesium bekerja mencegah terbentuknya batu ginjal. Tapi mereka yang suka mengkonsumsi makanan sumber magnesium seperti alpukat, jamur dan kacang-kacangan mengalami penurunan resiko batu ginjal.

Demikian informasi mengenai Cara Mudah Mencegah Batu Ginjal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp