Cara Menyembuhkan Pengapuran Tulang dan Sendi

Cara Menyembuhkan Pengapuran Tulang dan Sendi – Pengapuran tulang dan sendi ditandai dengan gejala rasa nyeri, kaku, dan susah digerakkan. Bila sudah cukup parah dapat tumbuh tonjolan tulang yang disebut osteofit. Bila anda menderita penyakit osteoartritis ini, mungkin mengkonsumsi obat dokter sudah jadi rutinitas sehari-hari.

Memang pengobatan secara medis dapat meringankan gejala pengapuran, namun seringkali memunculkan berbagai efek samping bila terus menerus dikonsumsi dalam jangka panjang. Itulah sebabnya banyak orang yang akhirnya mencoba mencari cara alternatif yang bisa membantu mengendalikan osteoartritis dengan sedikit efek samping.

Bila Anda sedang mencari obat alternatif untuk pengapuran tulang dan sendi, Anda bisa coba beberapa cara alami berikut ini. Namun ingat, bahwa obat alternatif ini tidak dimaksudkan untuk mengganti pengobatan medis yang tengah dijalani. Cara-cara berikut ini bisa mendukung pengobatan medis tersebut.

Cara Menyembuhkan Pengapuran Tulang dan Sendi

Cara Menyembuhkan Pengapuran Tulang dan Sendi

Saat ini obat herbal kembali populer dalam penggunaannya untuk mengobati berbagai penyakit termasuk untuk penyakit pengapuran tulang dan sendi. Obat herbal dipercaya lebih aman dibandingkan obat medis lantaran relatif lebih sedikit efek samping.

Ingat, konsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi jenis herbal tertentu. Bisa saja, obat herbal tersebut mempunyai efek samping dan dapat mengganggu kerja obat yang tengah dikonsumsi. Pastikan juga Anda membeli produk herbal yang berkualitas. Nah, berikut adalah  obat herbal yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

  • Jahe

Jahe dikenal sebagai obat pereda nyeri akibat pengapuran tulang dan sendi. Menurut salah satu riset pada tahun 2015, bila jahe dikonsumsi dalam waktu lama mampu membantu mencegah kelumpuhan yang terjadi akibat osteoartritis.

Namun karena ada potensi efek samping yang dimunculkannya, lembaga National center for complementary and Integrative health menyarankan penggunaan jahe sebaiknya sebagai bumbu dapur. Bukan digunakan dalam bentuk suplemen. Efek samping yang paling buruk yang mungkin muncul akibat kelebihan mengonsumsi jahe yaitu diare, sakit perut dan heartburn.

  • Kunyit

Kunyit masih berkerabat dengan jahe. Namun kunyit bekerja dengan cara yang berbeda. Beberapa riset memperlihatkan bahwa kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit bisa melawan berbagai senyawa inflamasi. Disamping itu juga bisa mengurangi rasa kaku dan nyeri saat osteoartritis kambuh.

Untuk memanfaatkan kunyit menjadi obat pengapuran tulang dan sendi, Lembaga Arthritis Foundation menganjurkan dosis konsumsi: ekstrak bubuk sebanyak 0,5 sampai 1 gr / 3 kali sehari atau kapsul sebanyak 400 hingga 600 mg / 3 kali sehari.

Meski kunyit cukup aman dikonsumsi, namun bisa saja timbul efek samping mual dan dapat mengganggu kerja obat antikoagulan.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp