Cara Menyembuhkan Keseleo di Rumah

Cara Menyembuhkan Keseleo di Rumah

Cara Menyembuhkan Keseleo di Rumah – Terkadang, keseleo bisa terjadi begitu saja tanpa diduga sebelumnya. Kadang terjadi saat sedang berolahraga lari pagi, bermain atau membersihkan rumah. Tanpa sengaja, bahu, kaki atau pinggang Anda keseleo akibat salah posisi atau salah tarik.

Cara Menyembuhkan Keseleo di Rumah

Kebanyakan orang, memutuskan untuk mengobati keseleo dengan memijat bagian yang sakit padahal cara tersebut sangat beresiko. Karena beberapa kasus menunjukkan efek pijat yang tak tepat justru dapat memperparah kondisi keseleo.

Lantas bagaimana cara terbaik menyembuhkan keseleo dengan cepat di rumah, saat susah bagi Anda menemukan ahli pijat yang benar benar terpercaya? Mungkin beberapa cara berikut ini dapat dijadikan solusi.

  • Kompres es batu

Siapkan es batu dan bungkus dengan kain lap kemudian kompres bagian yang terasa nyeri. Hal ini mencegah efek lilitan menyebar ke titik ligamen lain serta membantu mencegah peradangan.

  • Manfaatkan ramuan-ramuan rumahan

Ada beberapa ramuan rumahan yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan rasa nyeri, mengurangi peradangan, mencegah sera mengobati pembengkakan dan lebam. Beberapa ramuan yang dapat dimanfaatkan di antaranya:

Bawang putih

Kupas tiga siung bawang putih berukuran sedang lalu haluskan. Tambahkan 1,5 sendok makan  minyak kelapa yang telah dipanaskan kemudian oles ke bagian yang keseleo. Tutup dengan perban atau bisa juga kain bersih dan biarkan selama 3 jam. Setelah 3 jam, bersihkan dan ganti dengan ramuan baru. Ulangi beberapa kali hingga rasa nyeri dan pembengkakan menjadi kecil.

Kencur

Kupas segenggam rimpang kencur kemudian haluskan. Campur dengan tumbukan halus beras setengah sendok makan dan dua sendok makan minyak kelapa yang telah dipanaskan. Oles ke area keseleo dan tutup dengan kain untuk menahannya. Biarkan hingga olesan mengering dan ulangi cara ini 3-5 kali sehari guna mendapat hasil yang optimal.

Kubis

Bungkus lembaran kubis dengan menggunakan alumunium foil, tekan-tekan agar air dalam kubis keluar dan panggang sesaat hingga memunculkan asap. Gunakan kubis panas tadi pada area yang keselo lalu tutup dengan plastik. Biarkan setidaknya hingga panas hilang. Ulangi cara tersebut 2 kali dalam sehari.

Bawang Merah

Bekukan beberapa siung bawang merah kemudian cincang halus dan campurkan dengan sedikit garam. Selagi masih dingin, oleskan pada area keseleo dan tutupi dengan plastik. Biarkan selama dua jam. Ulangi beberapa kali dalam sehari hingga rasa nyeri dan bengkak berkurang.

  • Konsumsi Ibuprofen

Sebaiknya setiap keluarga mempunyai simpanan obat darurat guna mengatasi keluhan-keluhan sederhana seperti keseleo. Dan salah satu yang harus masuk ke dalam kotak P3K Anda yaitu ibuprofen. Obat pereda rasa nyeri ini bisa meredakan efek nyeri yang muncul akibat keseleo. Setidaknya obat ini bisa menurunkan ketegangan saraf dan juga otot sekitar inflamasi bisa meredakan efek keseleo.

Nah itulah beberapa cara menyembuhkan keseleo di rumah. Selalu pastikan Anda memiliki beberapa obat darurat serta bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai kondisi darurat seperti keseleo. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp