Cara Menurunkan Kadar Asam Urat dengan Labu Siam

Cara Menurunkan Kadar Asam Urat dengan Labu Siam – Banyak alternatif yang bisa dipilih untuk mengobati asam urat, baik secara medis ataupun secara herbal. Pengobatan tentu mempunyai efek samping baik itu positif ataupun negatif.

Jika pengobatan asam urat yang dipilih adalah secara medis, maka dokter akan memberi beberapa resep obat pereda nyeri. Sehingga kadar asam urat dapat diredakan namun dalam waktu sementara. Tapi bila pengobatan asam urat yang dipilih adalah herbal, tentu tanpa efek samping.

Perlu diketahui, cara yang paling tepat untuk mereka yang mengidap asam urat tinggi adalah disiplin dalam mengonsumsi makanan atau minuman. Pengidap asam urat tinggi harus tahu apa saja makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi agar penyakit tidak menjadi parah. Salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi dan diketahui bisa menurunkan kadar asam urat adalah labu siam.

Cara Menurunkan Kadar Asam Urat dengan Labu Siam

Cara Menurunkan Kadar Asam Urat dengan Labu Siam

Labu siam mempunyai kadar serat yang membantu proses metabolisme dalam tubuh sehingga cukup bagus dikonsumsi untuk pengidap asam urat tinggi. Selain itu, labu siam juga mengandung vitamin, mineral dan nutrisi penting.

Seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin B kompleks, zat besi, fosfor, mangan, seng dan tembaga yang mempunyai peranan penting untuk mengatasi asam urat. Berikut adalah cara mengolah labu siam untuk asam urat:

  • Labu siam dibuat menjadi jus

Cara membuat labu siam menjadi jus cukup mudah, langkah pertama siapkan labu siam dalam ukuran sedang kemudian kupas kulitnya dan cuci sampai bersih. Setelah itu, potong labu siam menjadi bagian kecil.

Setelah dipotong, masukan ke dalam blender. Anda bisa menambahkan perasan air lemon atau madu. Jus labu siam siap diminum. Konsumsi sehari sekali saja. Dengan rutin mengonsumsi jus ini, kadar asam urat dalam tubuh Anda akan berkurang.

  • Olahan rebusan labu siam

Labu siam sebagai lalapan yang ditambah dengan sambal, tentu akan terasa nikmat. Tahukah Anda, olahan labu dengan cara direbus dapat menjadi alternatif menurunkan kadar asam urat.

  • Labu siam dengan diparut

Cara mengolah labu siam untuk asam urat ternyata juga dapat disajikan dengan cara diparut. Siapkan labu segar, kupas kulitnya kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu, parut labu siam lalu saring airnya. Boleh dicampur dengan air lemon atau madu, baru air dari parutan labu siap diminum. Konsumsi sebanyak 3 kali sehari bisa membantu menurunkan kadar asam urat Anda.

  • Labu siam dibuat menjadi sayur

Anda bisa mengolah labu siam menjadi sayur. Caranya, masak labu siam dengan campuran bahan lainnya. Masak hingga mendidih, setelah itu sajikan sebagai makanan pokok Anda.

Tak mahal bukan, mengolah labu siam menjadi makanan sehari-hari dengan nilai gizi tinggi dan juga manfaat yang luar biasa? Semoga dengan mencoba dan rutin konsumsi labu siam ini, gejala asam urat bisa berkurang.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp