Cara Menurunkan Gula Darah dengan Bawang Merah

Cara Menurunkan Gula Darah dengan Bawang Merah

Cara Menurunkan Gula Darah dengan Bawang Merah – Kebanyakan orang tahu bahwa bawang merah tidak lebih dari sekedar bumbu masak dapur yang tidak mempunyai manfaat apapun bagi kesehatan. Tapi faktanya, ternyata bawa merah sudah lama dipercaya oleh para ilmuwan mempunyai manfaat sebagai pengendali gula darah pada penderita diabetes.

Pasti Anda sudah begitu familiar dengan penyakit yang satu ini. Diabetes atau orang banyak menyebutnya kencing manis memang salah satu penyakit yang kerap menjadi momok mengerikan bagi sejumlah orang.

Seseorang yang mengidap diabetes harus bisa mengendalikan gula darahnya. Agar kondisi penyakit tidak bertambah parah. Nah, salah satu yang dipercaya bisa mengendalikan gula darah adalah bawang merah. Bagaimana kinerjanya? Simak selengkapnya berikut ini.

Kinerja bawang merah dalam mengendalikan gula darah

Cara Menurunkan Gula Darah dengan Bawang Merah

Para peneliti di India pernah meneliti bawang merah, baik berupa bawang merah yang sudah di jus atau bawang merah yang masih utuh, seberat 25 hingga 200 gram pada subjek yang ditelitinya.

Hasilnya, makin banyak bawang merah yang diberikan ternyata makin besar juga gula darah yang berkurang. Tak ada perbedaan khasiat antara bawang merah yang mentah dengan bawang merah yang telah direbus.

Menurut beberapa peneliti, bawang merah mempunyai kemampuan dalam mempengaruhi metabolisme gula dalam hati atau metabolisme pelepasan insulin. Tahukah Anda, sudah puluhan tahun yang lalu tepatnya tahun 1923 para ilmuwan sudah mendeteksi adanya depressor gula darah di dalam bawang merah ini.

Dan di tahun 1960-an para peneliti mengisolasi senyawa anti diabetes yang kemudian disebut tolbutamide yang terkandung di dalam bawang merah yang mempunyai kinerja mirip seperti obat farmasi anti diabetes pada umumnya.

Cara kerja tolbutamide adalah melakukan rangsangan sintetis serta pengeluaran insulin. Dalam penelitian yang memakai hewan kelinci diketahui bahwa ekstrak bawang merah 77% sama efektifnya dengan tolbutamide dalam dosis standar.

Dalam penelitian lainnya ditemukan bawang merah mempunyai efek menurunkan gula dan lemak didalam darah, Karena itulah, banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan untuk menambah banyak bawang merah di setiap masakan. Mengingat khasiat bawang merah cukup besar, terutama bagi penderita diabetes.

Itulah cara kerja bawang merah dalam mengendalikan gula darah. Bagaimanapun, ternyata masih banyak ‘instrumen’ alam yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Mau tau obat penurun gula paling bagus dan terbukti?

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp