Cara Mengobati Rematik dengan Tanaman Bandotan

Cara Mengobati Rematik dengan Tanaman Bandotan

Cara Mengobati Rematik dengan Tanaman Bandotan – Tanaman bandotan yang tumbuh liar dan banyak diabaikan orang ternyata mempunyai khasiat yang baik bagi kecantikan, dan kesehatan. Tanaman ini sering disebut sebagai tanaman gulma karena memiliki khasiat yang sangat bagus bagi kesehatan yang disebabkan sifat obat yang terdapat dalam akar dan bagian lain tanaman bandotan itu sendiri.

Kandungan yang terdapat dalam daun bandotan yang bersifat senyawa yang baik untuk kesehatan antara lain: asam amino, tannin, oraganacid, pectic subtance, potassium klorida, minyak atsiri kumarin, ageratochoromene, sitosterol, sulfur, friedelin, dan stimagterol. Dan kandungan yang terdapat pada akarnya antara lain: minyak atsiri, kumarin, dan alkloida.

Ciri khas dari daun bandotan ini adalah: bau nya yang tidak sedap, saat layu dan membusuk, dan orang sering menyebutnya rumput tahi ayam.

Cara Mengobati Rematik dengan Tanaman Bandotan

Tanaman bandotan juga sangat berkhasiat bagi stimulan, tonik, antitoksik, pereda pada demam, menghilangkan pembengkakan, peluruh pada saat haid, menghentikan pendarahan, dan pelumuh kentut. Selain itu juga dapat digunakan sebagai inteksida nabati.

Ekstrak dari daun bandotan (5% dan 10%) dapat membantu memperpanjang siklus birahi dan membantu memperlambat perkembangan folekil mencit betina (virgin dan non virgin).

Berikut cara mengobati rematik dengan tanaman bandotan, sebagai berikut:

  1. Siapkan daun bandotan secukupnya,
  2. Siapkan sekepal nasi, dan 1/2 sdt garam,
  3. Masukkan semua bahan pada wadah,
  4. Setelah itu, tumbuk hinga berbentuk pasta,
  5. Kemudian balurkan pasta hasil tumbukan pada bagian yang terkena rematik,
  6. Tunggu kurang lebih selama 2 jam.

Selain untuk mengobati rematik, ternyata tanaman bandotan memiliki banyak manfaat untuk mengobati beberapa penyakit diantaranya:

  • Dapat mengobati sariawan,
  • Dapat mengobati bengkak akibat terkilir,
  • Dapat mengobati bisul,
  • Dapat mengobati radang tenggorokan,
  • Dapat mengobati sakit telinga,
  • Dapat mengobati perut kembung dan mulas,
  • Dapat mengobati ekstrim dan luka berdarah,
  • Dapat mengobati malaria,
  • Dapat mengobati influenza,
  • Dan penyakit lainnya.

Nah itulah beberapa manfaat, juga cara pengobatan sakit rematik dengan menggunakan tanaman bandotan, semoga bisa menambah ilmu pengetahuan anda. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp