Cara Mengobati Batuk dengan Buah-buahan

Cara Mengobati Batuk dengan Buah-buahan

Cara Mengobati Batuk dengan Buah-buahan – Batuk adalah respon alami tubuh dalam membersihkan saluran pernafasan dari dahak serta kehadiran benda-benda asing penyebab iritasi. Pada dasarnya batuk tidak menjadi pertanda adanya penyakit serius.

Cara Mengobati Batuk dengan Buah-buahan

Meski nyatanya, seringkali batuk dianggap mengganggu kenyamanan penderita dalam melakukan aktivitas. Tapi, Anda tidak perlu cemas karena ada berbagai jenis buah-buahan yang bisa meredakan batuk.

Buah ternyata dapat menjadi alternatif dalam meredakan batuk. Nah bagi Anda yang sedang batuk, berikut ini merupakan buah-buahan yang bagus dikonsumsi saat batuk.

  • Nanas

Sebuah riset menunjukan kandungan bromelain pada batang serta buah nanas bisa membantu mengatasi batuk dengan cara meluruhkan dahak pada tenggorokan. Konsumsi sepotong nanas atau sekitar 90 ml jus buah nanas segar sebanyak 3 kali dalam sehari. Selain bisa mengatasi batuk, nanas juga bisa meringankan penyakit sinusitis akibat alergi. Meski demikian, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Kandungan bromelain tak hanya bisa didapat dari buah nanas saja, tapi juga dapat dari suplemen bromelain. Akan tetapi, anak-anak dan juga pasien yang tengah melakukan terapi pengencer darah tak disarankan untuk mengonsumsi suplemen bromelain. Untuk yang sedang melakukan terapi antibiotik amoxicillin juga perlu berhati-hati lantaran dapat beresiko meningkatkan penyerapan antibiotik tersebut.

  • Lemon

Perasanan buah lemon yang dicampur dengan air hangat atau teh hangat dan madu bisa menenangkan tenggorokan serta bisa meredakan batuk untuk sementara waktu. Anda bisa mengkonsumsinya kapan saja, hanya saja jangan memberi madu pada anak berusia di bawah 1 tahun karena adanya resiko mengalami botulisme.

  • Anggur

Anggur, mulai dari buah, kulit, biji hingga daunnya bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk. Selain batuk, anggur diyakini bisa mengatasi komplikasi diabetes seperti gangguan pada syaraf dan mata, pencegahan kerusakan gigi, penyembuhan luka, degradasi makula mata terkait usia hingga pencegahan kanker.

Untuk memperoleh manfaat anggur sebagai buah untuk meredakan batuk, Anda bisa mengkonsumsi buah anggur yang sudah dikeringkan menjadi kismis.

Mengobati batuk secara alami dengan mengonsumsi buah-buahan dapat menjadi pilihan terbaik. Tapi, bila batuk Anda tak kunjung sembuh dan tidak teratasi. Segera konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebabnya dan memperoleh pengobatan yang lebih lanjut.

Posted by Berita Harianmu

Cara Mengobati Batuk dengan Buah-buahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp