Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Air Garam

Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Air Garam

Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Air Garam – Batuk berdahak terjadi saat tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir pada saluran pernapasan. Batuk berdahak bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, sehingga cara mengatasinya pun perlu disesuaikan dengan penyebabnya.

Penyebab umum dari batuk berdahak adalah infeksi oleh virus atau bakteri. Saat saluran napas terinfeksi, seperti ketika sedang flu. Maka tubuh akan memproduksi lebih banyak lendir untuk menjebak dan mengeluarkan organisme penyebab infeksi.

Batuk sendiri bertujuan untuk mengeluarkan lendir dari infeksi. Oleh sebab itu, orang yang mengalami batuk berdahak disarankan untuk membuang dahaknya, bukan menelannya. Karena justru akan memperlambat proses penyembuhan.

Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Air Garam

Mengalami batuk berdahak memang sangat mengganggu. Dimana kondisi ini bisa menimbulkan sesak pada dada, tenggorokan gatal, bahkan terkadang sampai membuat suara serak.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati batuk berdahak. Baik secara medis maupun secara alami seperti dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam merupakan salah satu obat alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan termasuk batuk berdahak.

Mengkonsumsi obat batuk berdahak alami bisa membantu mengeluarkan dahak yang selama ini bersarang di tenggorokan. Sehingga dengan demikian, tenggorokan Anda pun akan terasa lebih lega, dan bisa mengurangi batuk berdahak secara perlahan.

Bekumur dengan air garam bisa membantu membilas dahak yang memenuhi tenggorokan Anda. Selain itu, racikan alami ini juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

Caranya mudah: cukup campurkan segelas air hangat dengan setengah sampai tiga perempat sendok teh garam, kemudian aduk hingga rata. Miringkan kepala ke belakang, lalu kumur-kumur dengan air garam.

Berkumurlah dengan air garam secara rutin setidaknya 2 kali dalam sehari. Lakukan cara ini secara teratur pagi dan malam hari. Selain mampu membunuh virus dan bakteri penyebab batuk berdahak, berkumur dengan air garam juga disinyalir bisa mengusir dahak di tenggorokan Anda.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp