Cara Mengobati Batu Ginjal pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Batu Ginjal pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Batu Ginjal pada Ibu Hamil – Saat ini seringkali ditemukan masalah kesehatan pada ibu hamil, baik itu masalah ringan, sedang bahkan hingga berat.

Masalah ginjal yang kerap ditemui ibu hamil diantaranya infeksi ginjal pada ibu hamil, kencing darah, ginjal sakit, batu ginjal, dan penyakit lainnya.

Hal itu tentu sangat berbahaya jika ibu hamil tidak segera mengobati kondisi tersebut. Beberapa pengobatan bisa dilakukan dengan cara medis atau non medis.

Di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengobati batu ginjal pada ibu hamil seperti berikut.

Cara Mengobati Batu Ginjal pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Batu Ginjal pada Ibu Hamil

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengobati batu ginjal pada ibu hamil, terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa penyakit batu ginjal itu sendiri.

Batu ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang disebabkan oleh adanya kristal berbentuk batu di dalam ginjal.

Dimana kristal tersebut terjadi karena adanya beberapa tumpukan zat sisa yang tidak bisa disaring secara sempurna oleh ginjal.

Batu ginjal sendiri memiliki beberapa tanda atau gejala umum. Seperti diantaranya: nyeri pinggang, mual, sakit buang air kecil, tubuh bengkak di beberapa area wajah seperti tangan dan kaki.

Untuk mengatasi tanda atau gejala tersebut dan untuk menstabilkan kondisi ibu hamil yang sedang mengalami batu ginjal, maka bisa kita lakukan beberapa pengobatan seperti berikut.

  1. Pemberian Obat jika Diperlukan

Jenis obat yang diberikan perlu sesuai dengan resep dokter ibu hamil, sebab sangat tidak diperbolehkan jika mengkonsumsi obat tanpa resep dokter yang bisa menyebabkan komplikasi berlanjut.

  1. Utereroscopy

Utereroscopy adalah salah satu tindakan dengan cara memasangkan alat Utereroscopy untuk membantu memecahkan batu ginjal yang akan mempengaruhi pada kehamilan, kesehatan ibu hamil dan janin di dalam nya.

  1. Pemasangan Stent atau Tube

Manfaat dari pemasangan stent pada ibu hamil yaitu untuk membantu mengeluarkan urin dan partikel-partikel lainnya yang terdapat di dalam ginjal.

  1. Operasi Terbuka

Operasi ini dilakukan jika bayi di dalam kandungan ibu hamil sudah lahir. Sebab jika melakukan operasi ketika bayi belum lahir akan meningkatkan risiko kematian lebih tinggi terhadap ibu dan janin.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Hindari mengalami dehidrasi lama, sebab jika dehidrasi terjadi maka akan tidak baik untuk kesehatan ibu hamil. Usahakan ibu hamil rutin minum air putih 8 gelas perharinya.

  1. Batasi Asupan Kalsium

Kalsium adalah salah satu komponen yang diperlukan bagi tubuh. Namun kalsium akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras bagi penderita batu ginjal.

  1. Hindari Konsumsi Junkfood

Makanan jenis junkfood mempunyai kandungan seperti pengawet yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.  Karena kandungan tersebut juga tidak baik untuk kesehatan janin.

  1. Hindari Konsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda akan meningkatkan resiko ginjal menjadi rusak, bahkan jika terlalu sering minum minuman bersoda akan menyebabkan ginjal rusak.

  1. Hindari Konsumsi Minumam Berkafein

Selain minuman bersoda, minumam berkafein juga tidak boleh dikonsumsi penderita batu ginjal  kafein nantinya tidak dapat disaring oleh ginjal dengan sempurna, dan menyebabkan batu ginjal semakin besar.

  1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup atau tidur yang cukup akan sangat membantu penderita ginjal dalam proses regenerasi jaringan-jaringan yang sudah mati.

Jika proses penggantian jaringan tersebut menjadi cepat baru maka kemungkinan proses penyembuhan batu ginjal pun bisa semakin tinggi.

Maka dari itu, usahakan ibu hamil yang mengalami batu ginjal untuk istirahat atau tidur yang cukup kurang lebih selama 8 jam perhari.

Penjelasan diatas merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki penyakit batu ginjal.

Pada dasarnya mencegah itu lebih baik daripada mengobati, maka sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai jenis penyakit seperti batu ginjal.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp