Bawang Putih Untuk Asam Urat

Bawang Putih Untuk Asam Urat – Mempunyai penyakit asam urat bukan hal sepele. Karena rasa nyeri di area sendi bisa membuat aktifitas terganggu. Terlebih lagi jika Anda adalah ibu yang sedang mengandung. Bahaya asam urat untuk ibu hamil akan berdampak buruk untuk kesehatan bayi nya yang akan dilahirkan nanti.

Mengidap asam urat di masa kehamilan memang berbahaya lantaran Anda tak bisa terlalu sering mengkonsumsi obat pereda nyeri. Karena obat yang dikonsumsi Anda nantinya akan berpengaruh pada janin yang sedang dikandung.

Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang bisa menurunkan kadar asam urat tinggi seperti salah satunya bawang putih. Apa saja khasiat bawang putih untuk asam urat? Berikut penjelasannya.

Bawang Putih Untuk Asam Urat

Bawang Putih Untuk Asam Urat

Anda bisa mencoba bawang putih sebagai bahan alami yang bisa menyembuhkan asam urat di rumah karena bawang putih memiliki manfaat:

  • Bawang putih bisa melindungi persendian

Sifat antioksidan yang ada dalam bawang putih bisa melindungi persendian. Sifat tersebut mampu mencegah oksidasi dan radikal bebas yang siap membuat sendi-sendi Anda meradang.

Peradangan di area sendi tentu saja menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Maka dengan adanya sifat antioksidan pada bawang putih tersebut, oksidasi radikal bebas dan kerusakan sendi dapat dicegah. Selain itu, bawang putih diketahui juga bisa mencegah kerusakan tulang rawan.

  • Bawang putih bisa mengurangi rasa nyeri

Konsumsi bawang putih yang telah diekstrak bisa membuat nyeri akibat penyakit asam urat berkurang. Anti inflamasi yang terkandung dalam bawang putih tersebut dapat menurunkan kadar sitokin pro inflamasi. Sifat tersebut adalah hasil perolehan dari senyawa jenis belerang yang terdapat didalam bawang putih.

Senyawa tersebut mempunyai kinerja yang cukup unik yakni menghambat produksi sejumlah senyawa kimia serta mengaktifkan senyawa lain yang mempunyai potensi sifat anti inflamasi.

Sederhananya, sifat anti inflamasi yang ada dalam bawang putih bisa menghentikan rasa nyeri, memar dan bengkak karena asam urat. Selain itu, bawang putih juga dapat menghentikan peradangan di persendian Anda.

  • Bawang putih bisa mengurangi efek obat

Mengkonsumsi obat kimia khusus asam urat seringkali membawa efek yang luar biasa bagi lambung Anda. Dampak tersebut akan berkurang bila Anda meminum ekstrak bawang putih. Kandungan sulfur yang terdapat dalam bawang putih diyakini bisa menekan sitokin pro inflamasi serta meningkatkan produksi lendir di dalam lambung.

  • Bawang putih bisa menyehatkan sistem metabolisme

Bawang putih mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular serta mengurangi kadar kolesterol dan hipertensi. Di mana pengidap penyakit asam urat akut akan mempunyai kecenderungan yang lebih besar terserang hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Tips mengolah bawang putih untuk penderita asam urat

  • Dimakan langsung

Bila Anda tak merasa terganggu dengan aroma dan juga rasa asli bawang putih mungkin mengonsumsinya secara langsung bisa membuat rasa nyeri akibat penyakit asam urat menjadi berkurang. Cukup dengan mengupas 4-5 siung bawang putih kemudian mengonsumsinya langsung akan membantu menghentikan rasa nyeri didaerah persendian.

  • Membalurkan bawang putih di bagian yang nyeri

Bagi Anda yang persendiannya membengkak akibat asam urat. Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai obat luar untuk meringankan rasa nyeri. Kupas 3-5 bawang putih dan haluskan.

Setelah halus, balurkan bawang putih tersebut di bagian yang memar atau bengkak. Kandungan zat alami pada bawang putih akan membantu mengempeskan bengkak serta membantu menghilangkan memar di area persendian Anda.

  • Mencampurkan bawang putih ke dalam jus buah

Anda bisa mencari resep jus buah yang dicampurkan dengan bawang putih untuk dijadikan sebagai obat asam urat. Atau Anda bisa mencoba jus bawang putih yang satu ini, siapkan 2 siung bawang putih yang sudah dikupas bersih dan campurkan dengan 60 gr buah ceri. Anda bisa menambahkan 50 ml air dan perasan lemon atau madu untuk menambah cita rasa jus yang dibuat.

Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli tulang dan persendian adalah hal yang sangat perlu dilakukan sebelum memulai treatment alami menggunakan bawang putih. Karena ada beberapa kasus, menunjukan adanya alergi serta gangguan sistem pencernaan setelah mengonsumsi bawang putih.

Jika Anda telah mendapat persetujuan dokter, maka seimbangkan pula dengan mengonsumsi air putih dan berolahraga. Jaga juga pola makan Anda, pastikan mengonsumsi makanan rendah purin agar Anda terhindar dari rasa nyeri akibat asam urat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp