Bahaya Keputihan Pada Saat Hamil

Bahaya Keputihan Pada Saat Hamil

Bahaya Keputihan Pada Saat Hamil – Keputihan memang rentan sekali menyerang pada wanita. Namun perlu diwaspadai dan jangan anggap sepele masalah tersebut karena akibat dari keputihan ini bisa fatal jika lambat ditangani.

Keputihan yang tidak normal akibat dari infeksi yang berlanjut bisa menimbulkan gangguan kesehatan, terutama yang terjadi pada ibu hamil. Selain bisa mengganggu kesehatan ibu, keputihan juga bisa berpengaruh terhadap janin.

Bahaya Keputihan Pada Saat Hamil

Infeksi jamur Candida sp sering menjadi penyebab dari keputihan pada wanita hamil. Wanita hamil bisa terkena keputihan sejak awal kehamilan sampai trimester akhir menjelang persalinan.

Tidak ada efek langsung infeksi pada vagina yang mengakibatkan terjadinya keputihan pada janin selama belum terjadi persalinan dan selaput ketuban masih utuh. Dimana janin masih terlindungi oleh selaput dan air ketuban masih steril.

Tapi, jika saat proses persalinan masih terdapat infeksi, maka dampak dari keputihan yang terjadi itu tergantung pada penyebabnya, dimana bayi akan terkontak dengan penyebab keputihan tersebut.

Pada keputihan yang disebabkan oleh infeksi, tentu infeksi yang berlanjut dan tergantung penyebabnya bisa mengganggu pada kesehatan ibu hamil.

Seperti jika terjadi infeksi Chlamydia pada kehamilan bisa menyebabkan pecahnya selaput ketuban sebelum masa persalinan. Hal tersebut berakibat terjadinya infeksi pada janin dan ibu yang bisa mengakibatkan infeksi berat sampai kematian.

Untuk itu, bagi wanita hamil yang mengalami keputihan di masa kehamilannya, perlu segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah keputihan itu masih normal atau sudah tidak normal dan membutuhkan pengobatan.

Penangan atau pengobatan yang dibutuhkan untuk keputihan pada ibu hamil itu tergantung pada penyebab dari keputihan itu sendiri.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp