Bahaya Kentang Goreng untuk Penderita Liver

Bahaya Kentang Goreng untuk Penderita Liver

Bahaya Kentang Goreng untuk Penderita Liver – Siapa sih yang tak mengenal dengan kentang goreng? Makanan yang satu ini merupakan makanan yang handal dan disukai para kalangan usia muda maupun tua. Begitu dengan ditambahkan mayonas atau caos tomat diatasnya, begitu lezat untuk disantap.

Bahaya Kentang Goreng untuk Penderita Liver

Tapi sayangnya, dalam kelezatan makanan ini mengandung sejumlah bahaya tidak sehat, apalagi untuk seseorang yang terkena penyakit hati seperti liver. Dalam sistem organ manusia, hati merupakan organ yang paling penting karena dapat menjadi oboratorium kimia yang begitu besar.

Mulai dari asupan makanan yang kita santap setiap hari, nantinya akan disimpan dalam organ hati sebelum dicerna oleh saluran pencernaan. Begitu dengan penyakit liver, juga bisa terjadi pada seseorang akibat asupan makanan yang tidak sehat seperti kentang goreng. Lantas, alasan apa yang menjadikan kentang goreng sangat buruk dikonsumsi bagi penderita liver. Berikut adalah jawabannya :

  • Mengandung lemak jahat tinggi

Secara ilmiah, memang tidak semua lemak itu harus dijauhi. Tetapi lemak yang terdapat pada kentang goreng ini perlu dijauhi karena mengandung lemak jahat yang tidak layak dikonsumsi bagi penderita liver. Terbukti dalam sebuah kasus, kentang goreng memang mengandung lemak jenuh jahat yang dapat masuk dan menggumpal pada aliran darah. Akibatnya, penggumpalan ini akan mengakibatkan peredaran darah tidak lancar dan bisa menyebabkan risiko stroke dan jantung bisa terjadi.

  • Mengandung lemak trans

Dalam melakukan penggorengan kentang ini, biasanya akan direndam pada minyak yang panas. Dan hal inilah yang menyebabkan mengapa kentang goreng, bisa berbahaya untuk penderita liver. Karena apa? karena kentang yang direndam pada minyak tadi akan membawa lemak trans dan masuk kedalam tubuh. Dan lemak tersebutlah merupakan risiko diabetes, jantung stroke bisa terjadi dengan mudah.

  • Mengandung karbohidrat tidak baik

Kentang yang utuh memang memiliki karbohidrat baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi, jika kentang itu digoreng akan membuat karbohidrat menjadi tidak baik dan buruk bagi kesehatan. Mengapa? karena dalam mengonsumsi kentang goreng bukan hanya dikonsumsi satu sampai dua potong saja. Melainkan dikonsumsi dalam tingkatan yang banyak, akan mengakibatkan penumpukan karbohidrat didalam tubuh sekaligus diabetes akan mudah terjadi akibat resistensi insulin mengembang.

Nah, apabila Anda pecinta kentang tetapi mempunyai kelainan liver, usahakan jangan dikonsumsi dalam keadaan digoreng seperti kentang goreng/keripik kentang. Dan biasakan mengkonsumsi kentang yang telah dikukus atau direbus, dibuat sop, jus atau dimasak dengan kecap.

Hal ini dilakukan agar kandungan antioksidan dalam kentang tidak rusak dan bisa berfungsi untuk membersihkan hati dan kandung empedu dengan baik. Sekian dari informasi kami dan semoga bermanfaat untuk Anda 🙂

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp