Bahaya Bayam untuk Penderita Asam Urat

Bahaya Bayam untuk Penderita Asam Urat

Bahaya Bayam untuk Penderita Asam Urat – Asam urat merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan munculnya rasa nyeri di bagian persendian. Terutama di area jempol kaki. Asam urat terjadi dikarenakan adanya kandungan purin yang tinggi dalam tubuh.

Bahaya Bayam untuk Penderita Asam Urat

Purin sendiri secara alami diproduksi dalam tubuh namun purin juga didapatkan dari beberapa makanan tertentu. Karena itu, Anda yang saat ini menderita asam urat atau sebelumnya sudah pernah menderita asam urat disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung purin tinggi.

Salah satu contoh makanan yang harus dihindari penderita asam urat karena mengandung purin tinggi adalah bayam.  Purin yang tinggi pada bayam tentunya akan berdampak tidak bagus bagi penderita asam urat. Nah, berikut jika penderita asam urat mengonsumsi bayam.

  • Tofi atau benjolan keras

Pada bagian bawah kulit bisa dirasakan adanya benjolan keras di area sekitar radang yang diakibatkan oleh pembengkakan asam urat. Benjolan keras tersebut disebut tofi dan umumnya dapat menambah rasa nyeri saat asam urat menyerang.

  • Kerusakan sendi permanen

Jika asam urat tak ditangani dengan benar maka dapat berpotensi sebabkan kerusakan sendi secara permanen. Ini dikarenakan adanya radang terus menerus yang diperparah munculnya tofi. Efeknya, tulang rawang dan juga tulang sendi mengalami kerusakan.

  • Batu ginjal

Saat kadar purin dalam tubuh terlampau tinggi akibat sering mengonsumsi bayam, maka gejala asam urat akan sangat jelas dirasakan. Bahkan jika kondisi asam urat sudah sangat parah, asam urat dapat memicu terjadinya batu ginjal.

  • Terhambatnya proses penyerapan mineral

Meski bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan zat-zat yang sangat diperlukan tubuh, ternyata bayam bisa membawa pengaruh buruk bagi penderita batu ginjal karena mengandung zat oxalat. Disamping itu, zat oxalat juga bisa menyebabkan terhambatnya proses penyerapan mineral dalam tubuh.

  • Berpotensi terserang penyakit gondok

Selain diperkaya purin, bayam juga memiliki kandungan goitrogen. Kandungan yang menyebabkan fungsi kelenjar tiroid terganggu. Seperti yang diketahui, bahwa hormon tiroid ini fungsinya menghasilkan hormon tiroksin yang sangat diperlukan tubuh untuk mencegah munculnya penyakit gondok.

Nah itulah alasan mengapa bayam sangat dilarang untuk dikonsumsi penderita asam urat. Karena ternyata sayuran hijau ini tidak bisa menyembuhkan penyakit asam urat, melainkan hanya dapat memperburuk kondisi saja. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp