Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati – Asam urat adalah penyakit yang sering dianggap sebagai penyakit ringan. Di mana kebanyakan orang masih beranggapan jika penyakit asam urat termasuk jenis penyakit yang bisa dengan mudah disembuhkan.

Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Hal ini disebabkan karena gejala awal penyakit asam urat hanya memunculkan nyeri yang bisa hilang sendirinya tanpa diberikan pengobatan. Padahal, boleh jadi ada bahaya asam urat jika tidak diobati yang bisa mengancam jiwa Anda.

Bahaya asam urat jika tidak diobati adalah rasa nyeri di bagian persendian. Mengapa sendi bisa terasa nyeri saat seseorang terkena asam urat? Karena terbentuknya kristal urat akibat pengendapan asam urat. Jika dibiarkan terus maka kristal urat yang terbentuk seiring waktu bisa makin membesar sampai akhirnya akibatkan masalah sendi yang parah.

Bahaya asam urat; Asidosis metabolik

Asidosis metabolik merupakan sebuah kondisi di mana organ ginjal susah melakukan proses pengeluarkan kadar asam urat berlebih didalam tubuh. Sehingga, asam urat malah menjadi kristal yang kemudian menempel di persendian.

Ini berkaitan dengan penjelasan sebelumnya mengenai sakit pada sendi. Kondisi asidosis metabolik ini dapat meningkatkan frekuensi pengambilan nafas. Jadi, seseorang yang mengidap asam urat dapat merasakan gejala-gejala di bawah ini:

  • Lemas
  • Pusing
  • Nafas tersenggal-senggal
  • Kesadaran menghilang dan bisa jadi berakhir di kematian

Kondisi asidosis metabolik ini dapat terjadi ketika tubuh terus menerus mendapatkan asupan purin yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Karena itu batasi asupan purin.

Bahaya asam urat; Batu ginjal dan Gagal ginjal

Bahaya asam urat bila tidak diobati dapat berpengaruh pada masalah batu ginjal dan gagal ginjal. Keduanya sangat berbahaya. Kelebihan asam urat dalam urin dapat mengakibatkan terbentuknya batu ginjal.

Hal ini disebabkan karena kondisi yang sama seperti yang disebutkan sebelumnya yaitu asam urat yang mengkristal sampai akhirnya berubah jadi batu ginjal. Batu ginjal lalu akan menyumbat saluran urin penderitanya. Kondisi ini dapat berakibat fatal, rasa sakit ketika buang air kecil pun akan dirasakan.

Selain itu, asam urat juga bisa menyebabkan gagal ginjal. Kadar asam urat dalam tubuh yang tinggi dapat mengkristal dan menghambat kinerja organ ginjal seseorang. Hal ini merupakan salah satu bahaya yang paling ditakuti bagi para penderita asam urat. Karena itu, pola makan harus dijaga.

Nah itulah bahaya asam urat jika tidak diobati. Mengerikan bukan? Jadi, jika Anda sudah terdiagnosis menderita asam urat tak boleh menunda pengobatan. Segera ambil tindakan pengobatan agar asam urat tidak memunculkan kondisi-kondisi mengerikan yang sudah dijelaskan di atas. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp