Anjuran Makanan Penderita Ginjal Bocor

Anjuran Makanan Penderita Ginjal Bocor

Anjuran Makanan Penderita Ginjal Bocor – Sindrom nefrotik atau yang lebih dikenal dengan Ginjal Bocor adalah kelainan ginjal yang membuat tubuh terlalu banyak membuang protein bersama dengan urin.

Hal tersebut tentu akan mengurangi jumlah protein dalam darah sehingga juga bisa berpengaruh pada kemampuan tubuh untuk menyeimbangkan kadar air.

Anjuran Makanan Penderita Ginjal Bocor

Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa menjadi penyebab ginjal bocor dan menyebabkan komplikasi. Seperti meningkatnya lemak dalam alirah darah, insufisiensi ginjal, tekanan diri, dsb.

Untuk itu, mengobah pola makan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk di lakukan. Dan dalam ulasan kali ini, kami akan sebutkan beberapa makanan untuk penderita ginjal bocor yang bagus untuk dikonsumsi dalam menu diet sehari-hari.

  1. Ikan

Penderita ginjal bocor bisa dengan bebas mengkonsumsi semua jenis ikan. Sebab ikan dapat membantu ginjal bekerja lebih baik dan mengandung protein hewani yang tinggi serta omega 3 yang sangat baik untuk otak dan ginjal.

  1. Telur

Telur utuh termasuk ke dalam salah satu makanan sehat yang tinggi akan kandungan protein, mineral, vitamin, lemak sehat, dan antioksidan tinggi. Semua kandungan tersebut sangat baik dikonsumsi oleh penderita ginjal bocor.

Tapi, untuk bagian luar telur terbaik yang dapat dikonsumsi yaitu putih telur karena mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi.

  1. Almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang terpopuler dikonsumsi oleh seluruh masyarakat.

Selain rasanya yang nikmat, kacang almond juga menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk mengurangi bahaya ginjal bocor.

  1. Dada Ayam

Dada ayam merupakan makanan tinggi akan protein sehingaa baik dikonsumsi untuk menggantikan protein yang telah terbuang bersama urin pada penderita ginjal bocor.

Selain itu, dada ayam juga sangat mudah untuk dimasak dan pastikan untuk tidak mengkonsumsi bagian kulit dada ayam.

  1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Kedua jenis bawang tersebut sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi ciri-ciri ginjal bocor karena dapat mencegah terjadinya oksidasi darah.

Dalam kedua jenis bawang itu juga terdapat kandungan antioksidan, flavonoid, dan quertecin sekaligus rendah akan kalium sehingga baik dikonsumsi oleh penderita ginjal bocor.

  1. Tauge

Tauge yang sering dikonsumsi untuk menyuburkan sperma dan sel telur ternyata juga sangat bagus dikonsumsi oleh penderita ginjal bocor.

Tauge ini sangat ampuh untuk membersihkan ginjal dan bahkan memperkecil resiko terbentuknya batu ginjal.

  1. Keju

Semua jenis keju menjadi makanan baik untuk penderita ginjal bocor dan jenis penyakit ginjal lainnya. Tapi, untuk jenis keju terbaik yaitu keju cottage karena kadar lemak dan kalori di dalam nya rendah.

Namun mengandung tinggi kalsium, fosfor, riboflavin, selenium, dan vitamin B12. Sedangkan untuk jenis keju lain yang baik dikonsumsi yaitu parmesan, morazella, cheddar dan keju swiss.

  1. Yogurt

Yogurt ini tidak hanya lezat, tapi juga memiliki tekstur lembut dan tinggi akan nutrisi penting untuk penderita ginjal bocor.

Yogurt khususnya yogurt yunani juga tinggi akan kandungan protein, tapi rendah kandungan lemak sehingga menjadi makanan tepat dikonsumsi oleh penderita ginjal bocor.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang sangat lezat dan mengandung serat tinggi, vitamin C, vitamin K, dan kalsium yang sangat diperlukan oleh penderita ginjal bocor dan penyakit ginjal lainnya.

Selain itu, brokoli juga mengandung nutrisi bioaktif yang tinggi kandungan proteinnya melebihi dari jenis sayuran lainnya.

Beberapa makanan diatas merupakan jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi oleh penderita ginjal bocor. Karena dapat meningkatkan kinerja organ ginjal, meningkatkan protein yang sudah hilang bersama urin, dan mengandung nutrisi lain yang diperlukan penderita ginjal bocor.

Selain mengonsumsi makanan yang dianjurkan, anda juga perlu rutin berolahraga agar bisa mempercepat pengobatan yang sedang Anda jalani.

Posted by: beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp