8 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

8 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

8 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami – Komedo merupakan benjolan berukuran kecil berwarna hitam atau kuning yang terbentuk akibat adanya sumbatan dipembukaan folikel rambuh atau pori pori yang disebabkan karena timbunan minyak atau sebum, kotoran serta sel kulit mati.

8 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Ada banyak hal yang dapat memicu komedo muncul, di antaranya penggunaan kosmetik yang terlalu berlebihan, perubahan hormon di dalam tubuh, perawatan kulit yang tak benar, stress dan juga faktor keturunan.

BIasanya, komedo selalu muncul di wajah terutama di area hidung. Tapi, adakalanya komedo muncul di area leher, dada, punggung, lengan dan bahu. Jika tidak segera diatasi, komedo bsa memicu masalah jerawat. Lalu bagaimana cara menghilangkan komedo? SimakĀ 8 cara menghilangkan komedo secara alami berikut ini.

1. Teh Hijau

Teh hijau mampu menyerap minyak berlebih serta mampu menghilangkan komedo yang menyumbat folikel rambut jika dikonsumsi rutin setiap hari. Lantaran teh yang satu ini mengandung antioksidan yang baik untuk merawat kulit. Berikut cara memanfaatkan teh hijau untuk menghilangkan komedo.

  • Campurkan 1 sdt daun teh hijau kering dan sedikit air untuk membuat salep.
  • Secara perlahan-lahan, gosokkan salep daun teh hijau tersebut ke daerah berkomedo selama 2-3 menit.
  • Setelah itu, bilas dengan air hangat.

2. Madu

Madu bisa menuntaskan masalah kulit berkomedo. Di mana Anda cukup mengoleskan sedikit madu murni ke wajah dan biarkan sampai sekitar 10 menit. Setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat.

3. Kunyit

Antiseptik dalam kunyit ternyata dapat menghilangkan komedo. Kunyit bisa membantu melawan infeksi di kulit. Cukup campurkan kunyit bubuk secukupnya dengan 2 sdm sari daun mint. Oleskan ke bagian kulit yang berkomedo. Biarkan selama 2 menit hingga kering kemudian bilas dengan air hangat.

4. Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah dapur yang memiliki kandungan antibakteri, antiinflmasi dan antioksidan yang bagus untuk menghilangkan komedo. Campurkan kayu manis dengan bahan alami lainnya guna mengoptimalkan khasiatnya.

5. Oatmeal

Oatmeal ternyata bagus untuk membersihkan kulit Anda dari berbagai komedo yang membandel. Campurkan 1 sdt madu dan sari tomat dengan oatmeal secukupnya untuk membuat salep. Gosokkan ke bagian kulit yang berkomedo. Biarkan hingga 10 menit lalu bilas hingga bersih. Ulangi cara ini secara teratur.

6. Lemon

Selain bisa menyembuhkan jerawat, lemon juga bisa menghilangkan komedo. Nutrisi dan vitamin dalam lemon bagus untuk mengatasi berbagai jenis masalah pada kulit. Berikut cara menggunakan lemon untuk menghilangkan komedo.

  • Teteskan madu seperlunya di atas lemon yang telah dibelah menjadi dua bagian. Jika perlu Anda bisa menambahkan sedikit gula pasir.
  • Gosokkan potongan lemon tersebut ke bagian area berkomedo secara perlahan.
  • Biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air sampai bersih.
  • Ulangi cara ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

7. Putih Telur

Bagian putih dar telur memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat menghilangkan komedo serta bisa mengencangkan pori-pori kulit sehingga dapat mencegah komedo muncul kembali. Cara memanfaatkan putih telur untuk dijadikan sebagai penghilang komedo sangat mudah, berikut caranya:

  • Pecahkan satu butir telur dan pisahkan putih telur dari kuning telur. Kemudian kocok putih telur tersebut sampai mengembang.
  • Oleskan ke bagian wajah, terutama di daerah yang berkomedo.
  • Biarkan selama 10 sampai 15 menit hingga mengering, dan bilas dengan air hangat.

8. Cuka Sari Apel

Cuka apel memiliki sifat antiseptik sehingga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan pori-pori dari kotoran yang menumpuk. Ini tentunya bisa membantu mengusir komedo. Caranya:

  • Larutkan 1 sdm cuka apel ke dalam 1 gelas air
  • Celupkan bola kapas kedalam larutan tersebut
  • Oleskan kapas ke bagian yang berkomedo, tunggu beberapa saat dan
  • Bilas dengan air sampai bersih

Bahan bahan alami di atas sudah membantu banyak orang untuk menyingkirkan masalah komedo. Namun jika bahan bahan alami di atas tidak banyak membantu, sebaiknya segera hubungi dokter kulit. Semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp