7 Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

7 Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

7 Cara Mencegah Penyakit Hipertensi – Mencegah memang perlu diutamakan dari pada mengobati. Hal itu mungkin sangat berlaku dilakukan oleh setiap orang, terutama untuk mencegah serangan hipertensi yang mana kondisi tersebut sudah menjadi penyebab angka kematian di dunia.

7 Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

Hipertensi adalah gangguan kesehatanm yang ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi. Kondisi ini memang rentan terjadi, lantaran suka diremehkan bahkan lalai untuk mendeteksinya.

Padahal kondisi tersebut akan memunculkan beberapa penyakit kronis lainnya. Namun tenang saja kawan, sebab beberapa hal ini bisa Anda lakukan untuk mencegah hipertensi.

7 Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

  • Mengatur pola makan

Pola makanan memang sangat penting dan perlu diperhatikan, lantaran pola makanan yang buruk bisa menjadi penyebab dimana tekanan darah bisa melonjak dengan cepat. Bila Anda mengalami hipertensi ini, sebaiknya kurangi makanan tinggri natrium seperti garam dan makanan olahan lainnya supaya tekanan darah tidak naik kembali.

Sementara untuk mengembalikan itu semua, Anda bisa membantunya dengan mengkonsumsi makanan berkalium seperti buah pisang, alpukat, kentang, susu dan ikan. Selain itu, perbanyak mengkonsumsi makanan sayuran berserat dan biji-bijian utuh.

  • Malakukan olahraga rutin

Saat ini memang olahraga sudah menjadi kebutuhan semua orang, supaya kesehatan tubuhnya dapat terjaga dengan baik terutama dalam mencegah terjadinya hipertensi.

Menurut penelitian, mengatakan bahwa orang yang melakukan olahraga secara rutin memiliki risiko hipertensi lebih rendah ketimbang mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali. Dan untuk mencegah hipertensi ini, sebaiknya lakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan santai atau bersepeda selama 2 jam- 30 menit per minggu.

Sementara anak-anak dan remaja, dianjurkan harus berolahraga selama satu jam setiap hari agar tubuhnya tetap sehat dan terlihat bugar.

  • Menjaga berat badan ideal

Tak hanya orang yang sehat-sehat saja, melainkan serangan hipertensi ini bisa dengan mudah menyerang mereka yang mempunyai berat badan lebih atau obesitas.

Maka dari itulah, sangat penting bagi Anda untuk menjaga berat badan yang ideal supaya terbebaska dari risiko penyakit hipertensi atau penyakit lainnya.

  • Kurangi minumam alkohol

Mengkonsumsi minuman alkohol juga menjadi pemicu tekanan darah bisa melonjak. Lantaran minumam alkoho mengandung kalori tinggi dan bisa menyebabkan berat badan menjadi naik.

  • Stop merokok

Merokok memang sangat tidak dianjurkan karena dapat memicu efek samping yang membahayakan terutama memicu hipertensi terjadi.

Tak hanya hipertensi, komplikasi lain seperti jantung, serangan jantung dan stroke bisa bermunculan. Maka dari itu, hentikan kebiasaan merokok saat ini juga.

  • Kurangi stres berlebih

Stres yang tidak wajar memang membuat tekanan darah bisa meningkat. Lantas bagaimana untuk mengelolanya? Anda hanya cukup membutuhkan ruang dan waktu yang bisa membuat diri Anda menjadi rileks. Atau lakukan yoga, mendengarkan musik dan meditasi supaya Anda terlihat lebih santai.

  • Mencek tekanan darah secara tertatur

Langkah ini memang perlu dilakukan, supaya Anda bisa mengetahui apakah tekanan darah Anda normal atau tidak. Anda dapat meminta pihak medis untuk memeriksanya. Bila hasil tekanan darah 120-139/80-89 mmHG, maka Anda mengalami prehipertensi.

Meski kondisi ini dapat memicu Anda mengalami serangan hipertensi. Namun jangan khawatir guys, sebab kondisi tersebut bisa dicegah apabila Anda mampu mengubah gaya hidup Anda lebih sehat lagi.

Itulah 7 Cara Mencegah Serangan Hipertensi, yang bisa kamu lakukan sejak dini mungkin. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp