5 Tanaman Obat Asam Urat dan Rematik

5 Tanaman Obat Asam Urat dan Rematik

5 Tanaman Obat Asam Urat dan Rematik – Belakangan ini sendi terasa nyeri? Ada yang bilang itu akibat rematik, tapi yang lain menyebutnya akibat asam urat. Jadi, mana yang benar? Ya, banyak orang yang tidak tahu perbedaan asam urat dan rematik.

5 Tanaman Obat Asam Urat dan Rematik

Rematik adalah jenis penyakit autoimun yang membuat sendi kaku serta meradang. Sementara, asam urat disebabkan karena tubuh kelebihan kadar asam urat (urid acid). Orang yang menderita asam urat dan rematik akan merasa kesakitan pada sendi-sendinya.

Sehingga tidak sedikit orang yang mencari obat yang bisa menyembuhkan asam urat dan rematik tersebut. Dan rupanya, ada beberapa jenis tanaman yang bisa mengobati asam urat dan rematik. Simak pembahasannya berikut ini.

  • Daun salam

Daun salam mengandung flavonoid, tanin dan minyak atsiri yang bisa mengobati sekaligus mencegah asam urat dan rematik. Cara menggunakannya, langkah pertama siapkan 10 lembar daun salam. Rebus daun salam tersebut, lalu tambahkan batang serai. Setelah kadar air rebusannya berkurang, angkat rebusan dan biarkan sampai dingin. Setelah itu, minum segelas air rebusan daun salam tersebut. Konsumsi sehari sekali.

  • Kumis kucing

Kumis kucing mengandung orthosiphonin glikosida dan diuretik yang bisa merangsang pengeluaran zat asam urat melalui urin. Cara menggunakannya, langkah pertama cuci kumis kucing hingga bersih kemudian rebus dan tambahkan gula dan juga garam. Biarkan hingga air mendidih dan setelah itu angkat rebusan lalu dinginkan. Konsumsi air rebusan kumis kucing ini 3 kali sehari dengan takaran 150 ml.

  • Sambiloto

Sambiloto adalah tanaman herbal yang bisa menyembuhkan asam urat dan rematik. Cara menggunakannya, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sambiloto atau Anda juga bisa menumbuk bagian ranting sambiloto yang kemudian dicampurkan dengan kunyit.

  • Daun Anting-anting

Daun yang satu ini memiliki zat flavonoid, tanin dan saponin yang bisa menyembuhkan asam urat dan rematik. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun anting-anting tersebut bersama 3 gelas air dan tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, saring air dan biarkan sampai airnya hangat lalu kemudian bisa dikonsumsi.

  • Brotowali

Brotowali adalah jenis tanaman herbal yang ampuh menyembuhkan asam urat dan rematik. Meski pahit, tapi brotowali memberi rasa sejuk. Bagian batang brotowali inilah yang bisa menyembuhkan asam urat dan rematik. Ini karena pada batang brotowali ditemukan kandungan glikosida, alkaloid, dll. Cara menggunakannya, rebus batang kering brotowali. Rebus sampai airnya berkurang kemudian tiriskan hingga dingin.

Itulah 5 Tanaman Obat Asam Urat dan Rematik. Selain menggunakan tanaman obat untuk asam urat dan rematik di atas, hal paling penting adalah menjaga pola hidup sehat. Konsumsi makanan sehat, cukupi waktu istirahat dan rutin melakukan olahraga. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp