5 Penyebab Utama Pusing

5 Penyebab Utama Pusing

5 Penyebab Utama Pusing – Pusing atau pening merupakan sakit kepala yang pasti pernah di alami kebanyakan orang. Sakit kepala dapat berlangsung selama 30 menit bahkan bisa sampai berhari-hari lamanya.

5 Penyebab Utama Pusing

Gejala yang paling lazim dirasakan adalah rasa sakit menjepit atau menekan. Mengapa kepala sering pusing? Dalam hal ini, ada beberapa kondisi yang diketahui menjadi faktor penyebab utama pusing. Beirkut di antaranya.

  • Ketegangan Otot

Faktor penyebab sering mengalami pusing yang pertama adalah akibat ketegangan otot. Kondisi otot yang tegang tersebut bisa menghambat aliran darah di beberapa daerah tertentu. Tak heran seseorang yang sering merasa pusing kadang-kadang tampak pucat pasi.

Padahal, diketahui aliran darah membawa makanan dan juga oksigen yang notabene diperlukan tubuh. Sehingga jika peredaran darahnya tak lancar dapat mengganggu proses metabolisme tubuh.

  • Faktor Emosional

Faktor emosional diketahui bisa menyebabkan kepala terasa pusing. Pasalnya, faktor emosional berupa kecemasan, stres dan depresi cenderung memberikan respon berupa kontraksi otot. Bentuk sakit kepala akibat kontraksi otot ini pun menjadi bentuk sakit kepala yang sering ditemukan.

Adapun intensitas rasa nyeri dirasa kerap dikaitkan dengan jangka waktu peningkatan stres psikologi. Kondisi lain seperti gangguan rahang dan gigi, flu, influenza dan infeksi sinus juga diketahui memberi respon yang sama sehingga berpotensi sebabkan pusing.

  • Posisi Salah

Sakit kepala juga bisa terjadi akibat posisi tertentu yang sebabkan munculnya kontraksi otot kepala dan juga leher, Misalnya posisi yang salah ketika berbicara melalui telepon, posisi yang sama dalam waktu yang lama ketika bekerja di depan komputer atau memegang buku ketika membaca.

Beberapa kegiatan yang memerlukan peningkatan kerja mata dalam jangka waktu lama juga dapat memunculkan sakit kepala akibat kontraksi dan ketegangan otot. Karena itulah, perhatikan dengan benar posisi tubuh dan jangan pernah memaksakan mata untuk terus bekerja.

  • Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah adalah kondisi tubuh yang ditandai dengan tekanan darah sistolik yang turun. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan penderitanya merasa pusing sesaat setelah berdiri atau duduk dengan terlalu cepat.

  • Keseimbangan Tubuh Kurang

Disequilibrum (keseimbangan tubuh kurang) ditandai dengan perasaan seperti tubuh bergoyang ketika berjalan. Kondisi ini dapat dipicu karena beberapa hal seperti adanya gangguan di telinga dalam, gangguan sensori dalam penglihatan atau kerusakan saraf kaki. Gagalnya seseorang mendapat keseimbangan tubuh tersebut dapat menyebabkan pusing atau pening.

Nah itulah 5 Penyebab Utama Pusing yang harus diketahui. Setelah mengetahuinya, tentu Anda bisa mencegahnya untuk datang dengan cara menjauhi faktor-faktor yang bisa menyebabkan kepala terasa pusing dan pening. Semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp