5 Penyakit yang Disebabkan Asam Urat

5 Penyakit yang Disebabkan Asam Urat

5 Penyakit yang Disebabkan Asam Urat – Asam urat merupakan jenis penyakit yang seringkali menyerang orang lanjut usia. Gejala yang kerap muncul bisa seseorang terserang asam urat ini di antaranya rasa nyeri, kaku, panas hingga bengkak di area persendian tubuh.

5 Penyakit yang Disebabkan Asam Urat

Pemicu penyakit asam urat sendiri terjadi karena kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Jenis penyakit yang satu ini tak boleh Anda sepelekan.

Meski hanya penyakit persendian, asam urat ternyata dapat berkembang memicu beberapa penyakit yang sangat mematikan. Nah berikut akan dijelaskan beberapa penyakit yang kerap disebabkan asam urat.

1. Nyeri Parah pada Persendian

Kadar asam yang tinggi, yang gagal dicerna seharusnya dibuang oleh ginjal. Bila tidak maka akan mengendap lalu membentuk kritasl tajam dan menempel di bagain persendian. Kristal-kristal tajam inilah yang memunculkan nyeri hebat saat bagian sendi yang ditempeli kristal tersebut digerakkan.

2. Asidosis Metabolik

Asidosis metabolik adalah suatu kondisi di mana ginjal susah mengeluarkan kadar asam urat dari dalam tubuh sehingga akhirnya kadar asam urat mengkristal dan menempel pada persendian.

Disamping itu, kondisi asidosis metabolik dapat meningkatkan frekuensi dari pengambilan nafas yang akan menyebabkan nafas tersenggal senggal, pusing, lemas dan hilangnya kesadaran.

3. Batu Ginjal

Kadar asam urat yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan munculnya penyakit batu ginjal. Ini dikarenakan urin dipenuhi kadar asam urat. Akibatnya saluran urin seseorang mengalami penyumbatan dan ini sangat berakibat Anda akan merasakan sakit saat buang air kecil.

4. Gagal Ginjal

Penyakit yang disebabkan asam urat selanjutnya adalah gagal ginjal. Gagal ginjal muncul akibat ketidakmampuan ginjal mencerna serta membuang kadar asam urat yang tinggi dari dalam tubuh.

5. Penyakit Jantung Koroner

Asam urat tinggi ternyata mempunyai kaitan yang erat dengan penyakit jantung koroner. Penyakit asam urat mempunyai suatu sindrom yang sebabkan adanya kelainan di bagian insulin. Di mana bisa meningkatkan kadar insulin dalam darah dan sebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi hingga akhirnya bisa berujung pada munculnya gejala penyakit jantung koroner.

Nah itulah 5 Penyakit yang Disebabkan Asam Urat. Setelah mengetahuinya, Anda tidak bisa lagi menyepelekan jenis penyakit persendian yang satu ini. Jika benar Anda sudah didiagnosa terkena serangan asam urat, sebaiknya cepat ambil tindakan pengobatan.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp